Sukses

Ketinggian Air Berkurang, Status Katulampa Siaga IV

Pukul 17.00 WIB, ketinggian air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat turun di angka 60 cm.

Hujan dengan intesitas rendah masih mengguyur wilayah Bogor. Pantauan Liputan6.com pada pukul 17.00 WIB, ketinggian air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat turun di angka 60 cm atau berada pada status Siaga IV.

Kepala Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan sejak pukul 12.00 WIB volume air di Sungai Ciliwung sudah mengalami penurunan dari 70 cm menjadi 60 cm.

Di level Siaga IV tersebut, sambung Andi, diperkirakan volume air yang melewati bendungan tersebut sebanyak 47 ribu liter per detik. "Namun angka ini bisa bertambah jika di Puncak hujan," katanya saat dihubungi Liputan6.com dari Jakarta, Senin (20/1/2014).

Andi melanjutkan, saat ini di wilayah Puncak sendiri kondisinya masih hujan dengan intensitas ringan. "Puncak masih terpantau gerimis," ucapnya.

Andi juga menjelaskan, batas normal ketinggian air di Bendungan Katulampa adalah di bawah 50 cm. "Volume airnya di bawah 50 cm tersebut di bawah 35 ribu liter per detik itu normal," jelasnya.

Lanjut Andi, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," pungkas Andi. (Tnt/Sss)

Baca juga:

Tinggi Air Katulampa `Hanya` 70 Cm, Status Siaga IV
Lokasi Banjir Kampung Pulo Jadi Destinasi Dadakan 'Wisatawan'
Korban Banjir Kampung Pulo Tidur di Emperan Toko

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.