Sukses

Kurangi Banjir Jakarta, 2 Waduk Dibangun di Bogor-Depok

Waduk yang akan dibangun di Bogor dan Depok akan dikerjakan Kementerian PU, pembebasan lahan tugas Pemprov DKI.

2 Waduk baru akan dibangun untuk mengurangi debit air di Kali Ciliwung yang kerap menimbulkan banjir di Jakarta. Pembangunan 2 waduk itu hanyalah sebagian cara untuk mengurangi banjir di Ibukota.

"Kita komitmen bagaimana menuntaskan banjir. Jadi akan dibangun tambahan infrastruktur di rawan banjir, salah satunya buat 2 waduk baru di hulu Ciliwung yaitu Waduk Ciawi (Bogor) dan Sukamahi (Depok)," kata Dirjen Sumber Daya Mineral Kementerian PU Mohamad Hasan setelah rapat koordinasi penanggulanan banjir di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Senin (20/1/2014).

Menurut Hasan, proyek pembangunan fisik akan dilaksanakan pada awal tahun 2015 di bawah wewenang Kementerian Pekerjaan Umum. Saat ini, Kementerian PU sedang dalam tahap penyempurnaan rancangan struktur waduk. Waduk Ciawi dibangun seluas 199 hektare dan Waduk Ciawi 42 hektare.

"Saat ini dalam tahap detail desain. Kalau anggaran konstruksi ditanggung Kementerian PU melalui APBN. Pebebasan lahan, kata Gubernur DKI sejauh disetujui DPRD, itu akan ditanggung Pemprov DKI," ungkap Hasan.

Rapat koordinasi membahas masalah banjir itu dihadiri Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Walikota Bogor Yani Budiarto dan wakilnya, Bupati Bogor Rahmat Yasin, Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad, Wakil Bupati Bekasi, Wakil Walikota Bekasi.

Hadir pula Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) T Iskandar, Sekjen Kementerian PU Agus Wijanarko, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, dan Asisten II Provinsi Banten. (Eks/Sss)

Baca juga:

Jakarta Banjir, Warga Tagih Janji Jokowi
Spanduk `Jokowi Capres Banjir` Bertebaran
Banjir Jakarta, Sekjen PPP: Jokowi Minta Maaf Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini