Sukses

Walikota Risma: Hewan KBS Tak Bisa Ditukar Mobil Innova

"Di situ ada kerja sama, kami diminta menyerahkan binatang itu," kata Walikota Surabaya.

Walikota Surabaya Tri Rismaharani mengatakan ada kesepakatan aneh yang berlaku di Kebun Binatang Surabaya. Kesepakatan itu berupa kerja sama antara pengelola dengan pihak lain, yang membuat satwa koleksi kebun binatang bisa berpindah tempat atau dimiliki pihak lain dengan hanya menukar barang tertentu.

"Di situ ada kerja sama, kami diminta menyerahkan binatang itu. Nah direksi kami diminta menyerahkan, saya bilang nggak bisa, karena dalam Perppu tidak ada pergantian binatang," ujar Risma saat mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (20/1/2014).

Pergantian binatang yang dimaksud Risma adalah ditukarnya binatang di KBS dengan barang, seperti mobil maupun bangunan. Dalam peraturan, pergantian semacam itu tidak diatur.

"Maksudnya binatang tak bisa ditukar dengan Innova dan bangunan, tapi kalau pertukaran (binatang) bisa. Tapi harus ada izin presiden untuk binatang yang dilindungi," tambah Risma.

Kedatangan Risma ke Gedung KPK ini untuk melaporkan kasus kesepakatan aneh di Kebun Binatang Surabaya ke KPK. Pada pengurus era sebelumnya, kematian binatang di KBS tergolong wajar. Namun di bawah pengurus saat ini, banyak binatang koleksi langka yang mati. Jumlahnya sekitar 420 ekor. (Eks/Ism)

Baca juga:
Walikota Risma Laporkan Kasus KBS ke KPK
Miris, Satwa Kebun Binatang Surabaya Ditukar dengan Motor
[VIDEO] Walikota Surabaya: Kematian Singa KBS Tak Wajar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini