Sukses

Gubernur Aher: Bicara Banjir Jangan Hanya Saat Banjir Tiba

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berharap penanggulangan banjir bisa dibicarakan sepanjang waktu, tak hanya saat banjir tiba.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan angkat bicara mengenai solusi banjir yang akan melibatkan pemerintah pusat, Pemprov DKI Jakarta dan Jabar. Dirinya menegaskan tahun ini harusnya menjadi pembicaraan terakhir dalam mengatasai banjir. Artinya, tahun depan sudah tidak ada lagi banjir melanda.

"Mari kita bicarakan bersama antara pemerintah pusat, Pemprov Jabar dan Pemprov DKI Jakarta tentang penanggulangan banjir sepanjang waktu. Jangan hanya pada saat banjir tiba. Mudah-mudahan ini menjadi pengalaman bersama. Ini mudah-mudahan tahun terakhir kita bicara masalah banjir disaat banjir tiba," paparnya saat memantau Bendungan Katulampa di Bogor, Jabar, Minggu (19/1/14).

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan, berbagai upaya akan dilakukan dari hulu, tengah, sampai ke hilir. Seperti penghijauan di kawasan hulu yang terus dilaksanakan, termasuk membuat waduk. "Kita berencana mudah-mudahan disepakati dan tahun depan sudah tahap pemebebasan lahan," imbuhnya.

Kemudian, lanjut Aher, rencananya akan dibuat 2 waduk yang menampung sebagian air di Sungai Ciliwung sebelum dialirkan ke hilir. Lokasinya disekitar Ciawi, Bogor.

"Besok kita akan bicarakan dengan Pak Gubernur Jokowi sebagai wakil Pemprov DKI, saya wakil dari Jabar dan Menteri Pekerjaan Umum untuk membuat persetujuan pembuatan waduk," ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga berjanji akan membuat sodetan dari Sungai Ciliwung ke Sungai Cisadane. Tentunya sodetan ini tidak terlalu lebar agar tidak menimbulkan banjir ke Tangerang. Sodetan ini mudah-mudahan terkanalkan sebagiannya ke Sungai Cisadane.

"Jadi akan kita sodet sedikit ke Sungai Cisadane dari Sungai Ciliwung. Tapi tidak terlalu besar supaya tidak banjir ke Tangerang. Jadi kita ingin kedua wilayah ini tidak banjir," tutur Aher. (Ado)

Baca juga:
Sudah Terobos Banjir dan Perahu Bocor, Warga Tolak Dievakuasi
Cerita Sukri Bertahan 1 Pekan di Tengah Banjir Kampung Pulo
Warga Kampung Pulo: Banjir Pusing, Abis Banjir Apalagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini