Sukses

Katulampa Siaga III, Warga Diminta Waspada

Hujan dengan intesitas rendah masih mengguyur wilayah Bogor

Hujan dengan intesitas rendah masih mengguyur wilayah Bogor. Kendati begitu, warga yang berada di sepanjang bantaran kali dari arah Bogor menuju Jakarta diminta waspada. 

Hingga pukul 11.30 WIB, Minggu (19/1/2014), ketinggian air di Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat masih di angka 90 cm atau status siaga III.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan sejak pukul 04.00 WIB, volume air di Sungai Ciliwung sudah mengalami penurunan.

Dengan ketinggian 90 cm tersebut, volume air yang melewati bendungan tersebut diperkirakan sebanyak 113 ribu liter per detik. "Namun angka ini bisa bertambah jika di Puncak hujan," kata Andi kepada Liputan6.com di Bogor, Minggu (19/1/2014).

Pada pukul 03.00 WIB, ketinggian air sempat naik menjadi 100 cm dikarenakan wilayah puncak seperti Rindu Alam, Cisarua dan Gadog hujan lebat terus mengguyur. "Baru pukul 4 pagi ketunggian berangsur berkurang menjadi 90 cm," jelasnya.

Dia melanjutkan, saat ini untuk di wilayah Puncak, kondisinya masih hujan, namun dengan intensitas yang ringan. "Puncak masih terpantau gerimis halus," paparnya.

Andi juga menjelaskan untuk batas normal ketinggian air di Bendungan Katulampa adalah di bawah 50 cm. "Volume airnya di bawah 50 cm tersebut di bawah 35 ribu liter perdetik itu normal," jelasnya.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung. "Untuk itu warga yang berada di pinggiran sungai ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," tandas Andi. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.