Sukses

Bogor Masih Hujan, Bendungan Katulampa Siaga III

Ketinggian air di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor itu ketinggian air menyentuh angka 100 cm.

Volume air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, masih dalam status Siaga III. Ketinggian air di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor itu ketinggian air menyentuh angka 100 cm pada Sabtu (18/1/2014) siang.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, aktivitas volume air terjadi 3 kali sejak pagi hari. "Jam 3 pagi sempat 130 cm, kemudian turun lagi pukul 8 pagi menjadi 100 cm," jelasnya kepada Liputan6.com.

Kemudian, sambung Andi, pukul 10.11 WIB kembali naik menjadi 110 cm dan pada 12.00 WIB turun menjadi 100 cm. Volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 138 ribu liter per detik.

"Ketinggian sejak jam 12 siang sampai saat ini terpantau bertahan di 100 cm," ucapnya.

Andi menambahkan, pantauan cuaca di wilayah Puncak Bogor seperti Rindu Alam, Taman Safari, dan Gadog, masih turun hujan sejak pagi hari. "Bila hujan tidak berhenti selama beberapa jam, dimungkinkan volume air akan bertambah lagi," pungkas Andi.

Pantauan Liputan6.com di Bendungan Katulampa, cuaca di wilayah Bogor hingga pukul 14.00 WIB masih dilanda hujan dengan intensitas rendah. Selain itu, tingginya volume air di Bendungan Katulampa dimanfaatkan warga untuk datang melihatnya. Banyak warga yang sekadar ingin melihat derasnya air dan mengabadikannya melalui kamera ponsel. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.