Sukses

Siaga I, Waduk Pluit `Keok` Atasi Banjir

Status siaga I diumumkan karena Waduk Pluit telah kelebihan daya tampung air.

Banjir akibat hujan semalaman membuat Jakarta Utara banjir. Status siaga I pun diumumkan karena Waduk Pluit telah kelebihan daya tampung air.

"Ketinggian air di Waduk Pluit sudah mencapai plus 115, sudah siaga 1," kata Operator Rumah Pompa Waduk Pluit saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (18/1/2014).

Melubernya air dari Waduk Pluit turut memberi imbas. Sidik mengatakan imbas yang paling terasa adalah wilayah Muara Baru. "Sudah digenangi air setinggi 50 cm," tuturnya.

Meski Waduk Pluit telah dinormalisasi dan pompa telah ditambah, tak mampu menbendung kekuatan alam. Saat ini, lanjut Sidik, pompa yang beroperasi sebanyak 6 pompa.

"Sudah maksimal, soalnya 1 pompa baru dari Jepang, belum bisa beroperasi," ujarnya.

Kondisi aman bila ketinggian air di Waduk Pluit minus 180 cm hingga 50 cm.

Beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan perlu dilakukan normalisasi Waduk Pluit untuk mencegah banjir. Luas Waduk Pluit yang saat ini 60 hektare (ha) akan diperbesar hingga mencapai 80 ha dengan kekuatan daya tampung Waduk Pluit sebanyak 5,6 juta kiloliter air.

Pompa-pompa air di Waduk Pluit pun diperbesar kapasitasnya hingga mencapai 54 m3/detik akan beroperasi mulai Mei 2014. (Mut)

Baca juga:
BNPB: Tinggi Muka Air Sungai di Jakarta Masih Aman
Ahok: Pesan BBM Dibukanya Tanggul Ciliwung Hoax
Banjir Jakarta Mulai Surut, Semua Sungai Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini