Sukses

Periksa Rano Karno, KPK Curigai Akil Main Sengketa Pilkada Banten

Johan Budi menuturkan, pihaknya mencurigai adanya dugaan jika Akil turut 'bermain' dalam pilkada yang dimenangi Atut-Rano Karno itu.

KPK masih mendalami kasus dugaan suap sengketa pilkada yang ditangani Mahkamah Konstitusi (MK). Sejumlah perkara yang pernah ditangani mantan Ketua MK Akil Mochtar pun mulai diselidiki satu per satu. Termasuk sengketa Pilkada Banten pada 2011 lalu.

Juru Bicara KPK, Johan Budi menuturkan, pihaknya mencurigai adanya dugaan jika Akil turut 'bermain' dalam pilkada yang dimenangi Ratu Atut Chosiyah dan Rano Karno itu.

"Ini karena ada dugaan tersangka AM (Akil Mochtar) turut mengurus sengketa itu," ujar Johan Budi di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (17/1/2014).

Sejumlah pihak yang pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Banten telah diperiksa KPK sejak beberapa hari lalu. Mereka adalah Eks Walikota Tangerang Wahidin Halim, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini, serta yang diperiksa hari ini Wagub Banten Rano Karno.

"Tentunya pemeriksaan tersebut berkaitan dengan sengketa Pilkada Banten. Namun tak hanya itu, semua sengketa Pilkada yang ditangani AM juga akan ditelusuri," pungkas Johan. (Ndy/Ali)

Baca juga:

Kasus Suap Pilkada Banten, Politisi PKS Diperiksa KPK
Tangani Pilgub Banten, Mahfud: Saya Bersih, Tidak Tahu yang Lain
2 Mantan Cawagub Diperiksa KPK, Pilkada Banten Bermasalah?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini