Sukses

Demokrat Sayangkan Penyidik KPK `Obok-obok` Ruangan Fraksi

Demokrat geram tindakan KPK yang mengobok-obok ruangan fraksi Partai terkait kasus dugaan suap yang melilit Sekjend ESDM Waryono Karyo

Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Assegaf geram dengan tindakan penyidik KPK yang 'mengobok-obok' ruangan Fraksi Partai Demokrat di DPR pada Kamis 16 Januari 2014. Penggeledahan dilakukan KPK terkait kasus dugaan suap di lingkungan kementerian ESDM dengan tersangka mantan Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karno.

"Yang kami sayangkan dan tanyakan kenapa KPK ikut menggeledah ruangan sekretariat Fraksi Partai Demokrat, itu yang saya sayangkan," kata Nurhayati di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2014).
 
Meski partai berlambang mercy itu mendukung langkah KPK dalam penegakkan hukum untuk pemberantasan korupsi. "Untuk pemberantasan korupsi, kami mendukung penuh KPK," ujar dia.

Selain itu, ia pun menyesalkan adanya perbedaan perlakukan hukum oleh KPK yang condong mengarah ke partainya semata. Meski saat pengeledahan KPK tidak hanya anggota Fraksi Demokrat Sutan Bhatoegana semata, tapi ada juga ruang kerja anggota Komisi VII dari fraksi lain.

"Tapi kenapa perlakuannya berbeda ini yang kami sayangkan," ucap Nurhayati.

Selain itu, yang disayangkan kepada KPK, adanya tindakan penyidik KPK yang mengumpulkan sejumlah handphone para staf ketika penggeledahan. "Tadi saya tanyakan langsung tidak ada yang disita tetapi semua handphone staf itu dikumpulkan, apa kaitannya?"

Nurhayati menambahkan, bahwa Sutan Bhatoegana sudah dipanggil oleh Fraksi. Sutan menyerahkan semua proses hukum terhadap KPK.

"Kami harus tetap berpegang kepada konstitusi presumption of innocent (praduga tak bersalah) jadi biarkan, proses hukum berjalan, kami sama sekali tidak melindungi koruptor," tandas Nurhayati.

Penyidik KPK selesai memeriksa tumpukan dokumen hasil penggeledahan di ruangan Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana dan ruangan anggota Komisi VII lainnya di Gedung Nusantara I DPR setelah berlangsung selama 22 jam. (Edo/Mut)

Baca juga :
Anggota Komisi VII Diajak ke Ruang Kerjanya Saat KPK Menggeledah
KPK Geledah Ruang Sutan Bhatoegana di DPR
10 Penyidik Geledah Ruang Wakil Ketua Komisi VII DPR


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.