Sukses

Cerita Ahok Naik Bus Transjakarta Ke SCTV Tower

Ahok enggan disebut termakan dengan omongannya sendiri lantaran menolak naik transportasi umum.

Setelah sempat menolak naik angkutan umum, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akhirnya bersedia naik angkutan umum yaitu bus Transjakarta. Peristiwa itu terjadi saat Ahok hendak mengisi program acara di stasiun tv Indosiar di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Selatan.

Ahok pun dalam kesempatan itu enggan disebut termakan dengan omongannya sendiri lantaran menolak naik transportasi umum seperti bus Tranjakarta dengan alasan kondisinya yang penuh dan berdesak-desakkan saat jam sibuk.

"Saya nggak pernah bilang nggak mau (naik Transjakarta) karena desak-desakan, tapi saya tidak mau itu karena jarak tempuhnya lebih lama," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Kamis, (17/1/2014).

Menurut Ahok, sistem kondisi penuh dan berdesak-desakkan tidaklah terlalu membuat para penumpang kehilangan kenyamanan. Yang terpenting ialah bagaimana para penumpang dapat menjangkau lokasi yang dituju dengan cepat dan bebas macet.

Ahok pun mengaku, bila kondisi bus Transjakarta selalu steril, dirinya sangat antusias selalu naik Transjakarta dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

"Prinsip saya waktu itu jadi pengusaha sering naik ojek motor. Saya turun-naik ojek karena lebih penting rapat. Yang penting efisien. Makanya saya bilang, orang akan terpaksa naik bus kalau busway-nya steril," jelas dia.

Ahok mengaku bila kondisi Transjakarta penuh dan sesak, dirinya tak masalah bila harus berdiri. Ia juga menceritakan bagaimana saat dirinya kemarin naik Transjakarta. Politisi PDIP itu sempat nyasar diruang khusus perempuan.

"Saya duduk karena kosong, tapi sempat berdiri, itu aja saya sempat pindah ke depan dan ada yang bilang 'Pak..pak ini buat perempuan pak,' dia nggak kenalin aku kan soalnya. Aku kan tidak tahu. Aku kan nyelonong gitu," tutur mantan bupati Belitung Timur itu.

"Kita tanya, emang nggak boleh lewat situ? Boleh-boleh saja, tapi kalau kondisi penuh. Tapi orang itu berpikir kalau kita akan duduk di depan," lanjut Ahok.

Lantas, apakah untuk selanjutnya mantan Bupati Belitung Timur itu akan kembali naik Transjakarta? Ahok malah mengaku ketagihan dan akan mencoba lagi naik transportasi andalan warga Jakarta itu.

"Iya, saya justru ketagihan. Ini gue mau coba (naik Transjakarta) lagi kalau macet," tukas Ahok. (Ali)

Baca juga:

[GALERI FOTO] Gaya Ahok Naik Bus Transjakarta
Naik Bus Transjakarta ke SCTV Tower, Ahok: Saya `Dipaksa`!
Terjebak Macet, Ahok Naik Bus Transjakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • SCTV