Sukses

[VIDEO] Penjara Unik dengan Fasilitas Bintang Lima

Bahkan ada penjara yang memiliki fasilitas hotel bintang lima dan memiliki tradisi menari massal. Mana saja?

Meski sering terjadi kekerasan, beberapa penjara di dunia ada juga yang unik. Bahkan ada yang memiliki fasilitas hotel bintang lima dan memiliki tradisi menari massal.
 
Berikut keempat hotel prodeo itu seperti dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Kamis (16/1/2014):

1. Penjara Austria

Justizzentrum Loeben, Austria, merupakan kompleks kantor peradilan sekaligus penjara. Layaknya mal, penjara itu dibangun pada tahun 2004. Model bangunan terlihat futuristik. Didesain oleh arsitek Joseph Hohensin. Penjara ini memuat 205 tahanan dan hanya dikhususkan oleh tahanan aksi pencurian.

2. Penjara Bastoy

Penjara di Kepulauan Bastoy, Norwegia, dijuluki penjara ternyaman sedunia. Tahanan layaknya libur panjang tinggal dalam sebuah villa dan memiliki kunci sendiri. Bebas berjemur memancing atau sauna.

Di sini tahanan diharuskan bekerja untuk kebutuhan makan sehari-hari. Keluar dari tahanan ini, hanya sedikit napi yang kembali berbuat tindakan kriminal.

3. Penjara Sark

Penjara Sark terletak di sebuah pulau dengan pantai indah. Yaitu Pulau Guernsey, Inggris. Penjara ini dijuluki penjara terkecil karena hanya memuat 2 tahanan dan maksimal ditahan selama 2 hari. Untuk selanjutnya, pada narapidana dialihkan ke penjara lebih besa.

4. Penjara Filiphina

Penjara di Provinsi Cebu, Filipina menjadi unik karena di sini ada tradisi menari massal bagi penghuninya. Seluruh napi berjumlah 1.500 orang menari massal dengan seragam oranye.

Lagu yang sering dibawakan seperti lagu-lagu Michael Jackson. Aksi ini bahkan menjadi potensi wisata dan kaos para tahanan pun laris menjadi souvenir. (Ali)

Baca juga:

Terkuak, Penjara Rahasia Partai Komunis China Khusus Koruptor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini