Sukses

Ahok: Usir Semua yang Duduki Pinggiran Sungai

Ahok meminta warga bantaran sungai agar segera pindah untuk menyelesaikan normaliasasi sungai dengan cepat.

Hujan yang mengguyur Ibukota belum mencapai puncaknya. Dikhawatirkan banjir akan kembali melanda Jakarta.

Sebagai salah satu antisipasi menghadapi terjangan banjir, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, pihaknya akan semakin tegas meminta warga bantaran sungai agar segera pindah untuk menyelesaikan normalisasi sungai dengan cepat.

"Usir semua yang dudukin pinggiran sungai. Normalisasi sungai, terutama sungai Pesanggrahan, Angke, Sunter," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (15/1/2014).

Selain ketiga sungai tersebut, Sungai Ciliwung juga tengah dinormalisasi. Hanya karena aliran utama sungai yang kerap menimbulkan banjir tahunan di wilayah hilirnya itu, pemerintah sulit menertibkan pemukiman liar di bantarannya. Selain itu, Ciliwung juga melintasi Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Depok di Jawa Barat.

"Yang pinggiran Ciliwung lebih panjang. Ada 5.000 lebih Kepala Keluarga," ujarnya.

Namun, Ahok memastikan relokasi warga bantaran sungai pasti dilaksanakan walaupun bertahap. Hal itu dikarenakan sejumlah rusun di Jakarta masih dalam tahap pembangunan.

"Ke rusun yang sudah selesai. Kalau warga pinggiran Ciliwung memang agak lama dikit. Yang kita kejar 3 itu dulu, Sungai Angke, Pesanggrahan dan Sunter," tegas Ahok. (Ali/Sss)

Baca juga:

Banjir Mulai Surut, Ini Jalan di Jakarta yang Masih Tergenang Air
18 Kelurahan di Jakarta Masih Terendam Banjir
3 Wilayah Jakarta Timur dengan Sampah Banjir Terbanyak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.