Sukses

Jokowi: Perbaikan Jalan Ambles dari Anggaran Sewaktu-waktu

Akibat hujan deras dua hari lalu, salah satu ruas jalan di Jalan TB Simatupang mengarah ke Pasar Rebo lumpuh total.

Akibat hujan deras dua hari lalu, salah satu ruas jalan di Jalan TB Simatupang mengarah ke Pasar Rebo lumpuh total. Keadaan semakin parah lantaran jalan yang telah digenangi air tersebut ambles beserta gorong-gorong yang ada di bawahnya.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun langsung turun tangan dan memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk langsung memperbaiki jalan tersebut. Untuk anggaran perbaikannya, Jokowi menginstruksikan agar dinas menggunakan anggaran sewaktu-waktu.

"Pada dinas strategis, ada namanya anggaran sewaktu-waktu. Yang TB Simatupang ya pakai itu," ujar Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo ketika  meninjau RSUD Koja, Jakarta Utara pada Rabu (15/1/2014).

Penggunaan anggaran sewaktu-waktu juga disebabkan belum disahkannya Rancangan APBD 2014 dalam pembahasan tahap akhir DPRD DKI Jakarta. Karena hal tersebut, Jokowi memutuskan untuk menggunakan anggaran sewaktu-waktu.

Menurut Jokowi, anggaran sewaktu-waktu berbeda dengan anggaran tak terduga. Anggaran tak terduga dapat digunakan bila terjadi bencana  alam, sementara itu anggaran sewaktu-waktu digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang tak terduga, seperti jalan berlubang dan jalan amblas seperti yang terjadi jalan TB Simatupang kemarin.

"Dana sewaktu-waktu ini misalnya ada jalan berlubang, daripada nunggu tender lagi, langsung ditambal pakai anggaran ini," ujar Jokowi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jakarta Manggas Rudy Siahaan menyatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Hal ini lantaran jalan tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat. Rudy mengaku belum dapat menentukan berapa besaran pasti pembiayaan jalan tersebut. (Mvi/Ein)

Baca juga:

3 Hari Banjir Jakarta, 4 Orang Meninggal
Banjir Mulai Surut, Ini Jalan di Jakarta yang Masih Tergenang Air
Tanggul Ciliwung Dibuka? Ahok: Saya Ajarin Fitnah yang Mantep

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.