Sukses

Kembangan Banjir, Jokowi: PU Belum Selesai Keruk Kali Angke

Meski sudah tidak diguyur hujan, daerah Jalan Kembangan Utara masih terendam 1,5 meter.

Dari Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Gubernur DKI Jokowi meninjau titik banjir di Jalan Kembangan Utara, Cengkareng, Jakarta Barat. Lokasi yang masih terendam air setinggi 1,5 meter. Jokowi menilai kawasan itu belum bisa terbebas dari banjir karena pengerukan Kali Angke yang dilakukan pemerintah pusat belum selesai.

"Di sini kan limpahan dari Kali Angke, tapi oleh Kementerian PU sudah dinormalisasi hanya memang baru beberapa kilometer, masih belum selesai. Kalau 2 tahun ini selesai pasti akan berbeda," ujar Jokowi usai meninjau lokasi banjir di Jakarta Barat, Selasa, (14/1/2014).

Selama pengerukan dan pelebaran Kali Angke belum berjalan maksimal, banjir akan tetap terjadi setiap musim hujan datang. Sekalipun Kali Angke diperlebar dan diperdalam. "Kalau ini belum dikerjakan, beli pompa apa pun tak akan rampung. Kita ngomong apa adanya, semuanya berproses perlu waktu," tutur pria bernama lengkap Joko Widodo ini.

Oleh karena itu, tambah Jokowi, Pemprov DKI tetap fokus menormalisasi sejumlah sungai di Ibukota, termasuk bekerja sama dengan pemerintah pusat menormalisasi Kali Angke agar kawasan yang menjadi langganan terkena luapan kali itu bisa berkurang.

"Kalau airnya begitu banyak antisipasi dengan apa? Ya harus normalisasi. Ini akan terintegrasi dengan normalisasi di kali lainnya. Pompa di situ ada, kalau belum dinormalisasi tidak mampu mengatasi," ujar Jokowi.

Meski sudah tidak diguyur hujan, titik banjir di Jalan Kembangan Utara itu masih terendam banjir setinggi 1,5 meter. Jokowi meninjau salah satu titik banjir di RT 2 RW 1, Cengkareng. Jokowi dan Walikota Jakarta Barat Fatahillah berkeliling mengunjungi lokasi pengungsian dan meninjau dapur umum di gedung sebuah sekolah dasar. (Eks/Ism)

Baca juga:

Banjir Surut, Ciliwung Berubah Jadi Gunungan Sampah
Banjir Casablanca Tebet Surut, 1 Peleton Brimob Bersih-bersih
Ketinggian Air di Sejumlah Pintu Air Mulai Surut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.