Sukses

ICW Harap Anas Terbuka Seperti Nazaruddin

Indonesian Corruption Watch (ICW) berharap Anas bisa kooperatif dan terbuka seperti Muhammad Nazaruddin.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menahan tersangka atas dugaan penerima gratifikasi dari proyek Hambalang, Anas Urbaningrum. Penahanan itu pun menjadi sorotan publik. Indonesian Corruption Watch (ICW) berharap Anas bisa kooperatif dan terbuka seperti mantan Bendahara Umum Demokrat, Muhammad Nazaruddin.

"Saat ini harapannya sama seperti tersangka korupsi lainnya, lebih terbuka dalam sampaikan informasi. Dia bisa membantah tapi di sisi lain, ia juga harus bantu ungkap kasus ini, seperti Nazaruddin," ujar aktivis ICW Tama S Langkun saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Selasa (14/1/2014).

Dia menilai saat ini adalah momentum yang tepat bagi para loyalis membuktikan Anas tidak bersalah. Jika memang benar tak bersalah dan berani mengungkapnya, ia menjamin media bakal mengawal mereka.

"Perhatian publik sedang tinggi-tingginya ke Anas, selain banjir tentunya. Kalau memang betul (tak bersalah), loyalis silakan beri informasi ke KPK. Saya yakin itu akan dikawal media. Sekarang benar-benar momen yang pas bagi para loyalis," ujar Tama.

Dengan begitu, menurut Tama, bakal ada kerjasama yang baik antara Anas dan para loyalisnya untuk turut membongkar kasus korupsi. "Ini kesempatan emas Anas dan loyalis," tandas Tama.

Anas menjadi tersangka dalam kasus gratifikasi terkait proyek pembangunan sekolah olahraga Hambalang pada 22 Februari 2013. Mantan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 5 ayat (2) atau Pasal 11 atau 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU 20 Tahun 2001 tentang UU Pemberantasan Korupsi.

Dalam kasus Hambalang ini, Anas disebut-sebut menerima Toyota Harrier dari rekanan proyek Hambalang. Mobil mewah itu diterima saat Anas masih menjabat Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR atau sebelum menjabat Ketua Umum Demokrat. (Riz/Ism)

Baca juga:

Bamsoet Golkar Harap Anas Jadi Whistle Blower Hambalang
Ditahan KPK, Anas Disorot Dunia
[VIDEO] Detik-detik Anas Urbaningrum Dilempar Telur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.