Sukses

[VIDEO] Letusan Gunung Sinabung Belum Berhenti, Petani Rugi

Erupsi Gunung Sinabung yang terus menerus terjadi menyisakan kesedihan.

Letusan Gunung Sinabung yang terus menerus menyisakan kesedihan bagi para petani di lereng gunung yang terletak di Sumatera Utara ini. Ribuan hektare lahan pertanian warga porak-poranda akibat diselimuti debu vulkanik.

Liputan 6 SCTV, Selasa (14/1/2014) menayangkan, asap erupsi masih membumbung dari arah Gunung Sinabung. Debu-debu halus masih beterbangan.

Kini lereng yang aman damai itu menyuarakan kepiluan. Ribuan hektare tanaman seakan menjadi saksi bisu keganasan bernama bencana alam.

Semua porak-poranda disapu semburan debu vulkanik Gunung Sinabung. Gunung yang menjadi sumber hidup mereka kini memang sedang tak bersahabat. Tak ada yang bisa dilakukan selain memanen tanaman lebih awal agar kerugian tak semakin besar.

Tak hanya tanaman, ternak pun terancam mati kelaparan karena tak ada lagi rumput hijau di desa. Sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah lapisan debu yang tak kunjung hilang.

Berbagai cara telah dilakukan untuk membantu para korban erupsi Gunung Sinabung. Salah satunya menurunkan 1 peleton anggota TNI. Mereka membersihkan jalur evakuasi yang saat ini masih tertutup lumpur dan debu vulkanik Gunung Sinabung. Hingga kini, masih ada sejumlah desa yang terisolir. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.