Sukses

Pesona Kampung Iwak Sidoarjo

Kampung Iwak mungkin ini adalah nama yang pas untuk diberikan kepada Desa Kalangayar Sidoarjo.

Citizen6, Sidoarjo – Kampung Iwak mungkin ini adalah nama yang pas untuk diberikan kepada Desa Kalangayar Sidoarjo. Kalanganyar merupakan sebuah desa yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan dan petani ikan tambak. Akses menuju desa kalangannyar Sidoarjo cukup relatif bagus dan dengan adanya rencana di bangun “SeaWorld”.

Pemerintah Kab. Sidoarjo berusaha mempercantik akses jalan menuju desa kalanganyar, mulai dari infra struktur jalan dan listrik juga mulai diperbaiki. Pada tahun 2012 BUMN baru meresmikan desa Kalanganyar sebagai tempat wisata “Kampung Iwak Wisata Pemancingan Desa Kalangannyar Sidoarjo”.

Pesona alam yang bisa kita jumpai di sini adalah tempat wisata pemancingan yang bernuansa alam pesisir, dengan masih terjaganya pohon-pohon bakau yang menjadi rumah bagi para spesies burung pemakan ikan dan biota ikan lainnya. Aktifitas nelayan yang sibuk mencari ikan di sungai tentu memberi kesan bahwa desa kalangannyar masih menjadi surganya ikan.

Kampung Iwak desa Kalanganyar juga menjadi pusat ikan bandeng terbesar di Sidoarjo. Rata-rata pemilik tambak ikan mengisih kolamnya dengan ikan bandeng. Ikan bandeng yang ada di Sidoarjo memiliki cita rasa yang gurih dan manis dan tidak berbau lumpur. Karena itu sebagian pemilik tambak mengalih fungsikan tambaknya untuk di jadikan tempat wisata pemancingan, hampir di sepanjang jalan berjejer deretan mobil dan motor, setiap minggu baik wisatawan dari dalam maupun luar kota berdatangan.

“Sebelumnya tempat ini hanya kolam ikan bandeng, kemudian saya ubah menjadi tempat pemancingan Bandeng”, terang bapak H.Samsul Anam. Bapak H.Samsul Anam adalah pemilik pemancingan Laguna yang menjadi pelopor tempat pemancingan di Kalangannyar Sidoarjo.

Selain itu anda bisa membeli ikan segar yang dijual masyarakat sekitar. Harga yang di tawarkan tidak terlalu mahal, jenis ikan yang dijual mulai dari ikan budidaya tambak sampai ikan hasil laut para nelayan. Kuliner khas kalanganyar yaitu Bandeng bakar tanpa duri  spesial sambel pencit, cita rasa pedas asem dan nikmatnya bandeng bakar sangat menggoda selerah makan. Karena ikan yang dimasak masih dalam keadaan segar dan tanpa pengawet tentu saja ikan bakar kalanganyar sangat menyehatkan untuk dikonsumsi, bagi anda yang sedang berkunjung di Kampung Iwak tidak ada salahnya mencoba bandeng bakar khas Kalanganyar untuk dijadikan oleh-oleh dirumah. (kw) 

Penulis:
A’an Irawati

Baca Juga:
Kenikmatan Unik Dawet Mantingan Jepara
Nikmatnya Jadah Bakar, Dibalut Dinginnya Boyolali
Sate Kambing Blotongan Kesukaan Rhoma Irama

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 7 Januari sampai 17 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini