Sukses

Sinar-X Menguak `Tambang Emas` di Lutut Perempuan Korsel

Saat dokter memeriksa kedua lututnya dengan sinar-X, mereka menemukan ratusan jarum emas.

Seorang perempuan asal Korea Selatan menderita akibat nyeri sendi parah. Saat dokter memeriksa kedua lututnya dengan sinar-X atau X-Ray, mereka menemukan 'tambang emas': ratusan jarum kecil akupunktur yang terbuat dari emas tertinggal dalam jaringannya.

Perempuan berusia 65 tahun tersebut awalnya didiagnosa menderita osteoarthritis --  kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Menimbulkan rasa sakit dan kaku.

Namun, karena obat penghilang rasa sakit dan obat anti-inflamasi tidak mengurangi rasa sakit di lututnya dan hanya menyebabkan ketidaknyamanan di perutnya, perempuan itu beralih ke akupunktur. Demikian ditulis dokter dalam jurnal New England Journal of Medicine.

Akupunktur adalah praktik medis alternatif yang menggunakan jarum-jarum untuk menstimulasi titik tertentu dalam tubuh, untuk mengurangi rasa sakit atau untuk mengobati berbagai penyakit.

Dalam kasus perempuan tersebut, jarung yang digunakan diduga dibuat dari emas, diduga sengaja ditinggal di jaringan tubuh pasien, untuk meneruskan stimulasi.

Bagaimanapun, meninggalkan jarum atau obyek lain di dalam tubuh, bukanlah ide bagus. Demikian kata Dr Ali Guermazi, dosen radiologi di  Boston University. Benda asing yang tertinggal dalam tubuh bisa mengakibatkan peradangan, abses dan infeksi.

Itu juga membuat para dokter sulit membaca hasil pemindaian sinar-X. "Jarum-jarum itu mungkin mengaburkan beberapa anatomi tubuh," kata Guermazi, seperti dikuti dari situs sains LiveScience, Selasa (14/12014).

"Tubuh manusia selalu menolak benda asing, ingin menyingkirkannya," kata Guermazi. "Lantas yang terjadi adalah mekanisme pertahanan diri, seperti pembengkakan dan pembentukan jaringan fibrosa yang membungkus benda asing itu."

Jarum-jarum yang ditinggalkan di dalam tubuh juga bisa mengakibatkan hal lain. "Pasien tak bisa menjalani diagnosa MRI (magnetic resonance imaging) karena jarum yang tertinggal di dalam tubuhnya bisa bergerak dan merusak arteri," jelas Guermazi.

Akupunktur dilakukan sebagai pengobatan untuk nyeri sendi. Menyisipkan potongan benang emas steril di sekitar sendi adalah pengobatan umum untuk arthritis di negara-negara Asia.

Di Amerika Serikat, diperkirakan 3,1 juta orang dewasa dan 150 ribu anak mendapat perawatan akupunktur pada tahun 2007. Demikian menurut hasil survei National Center for Complementary and Alternative Medicine. (Ein/Sss)

Baca juga:

Sinar-X dan Catatan Dokter Bukti Marilyn Monroe Operasi Plastik
Inikah Bukti `Penjelajah Waktu` Ada di Sekitar Kita?
Media Inggris: Kaki Sinabung yang Diselimuti Abu Mirip Pompeii

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini