Sukses

Pemerkosa Merajalela, Pistol Mungil Dibuat untuk Perempuan India

Pistol mungil itu didedikasikan untuk mahasiswi yang menjadi korban pemerkosaan beramai-ramai di Delhi akhir 2012 lalu.

Untuk mengenang kejadian tragis pemerkosaan di bus India 16 Desember 2012, sebuah perusahaan senjata India, Indian Ordnance Factory (IOF) merancang pistol kaliber ringan khusus untuk perempuan. Guna membela diri dari serangan kejahatan seksual.

Namanya Nirbheek. Pistol dengan lapisan titanium tersebut beratnya sekitar 500 gram. Itu merupakan revolver terkecil yang pernah dibuat IOF, muat dalam dalam tas kecil.

Pistol yang dibanderol harga sekitar Rp 2 juta diluncurkan 6 Januari 2014. Sejauh ini sudah ada 20 pemesanan dan 80 pertanyaan formal yang ditujukan ke IOF.

"Revolver ini mampu menembakkan enam peluru," kata seorang pejabat IOF, seperti Liputan6.com kutip dari India Today, Sabtu (11/1/2014).

Dalam keterangan persnya, Indian Ordinance Factory, mengatakan pistol mungil itu didedikasikan untuk mahasiswi yang menjadi korban pemerkosaan beramai-ramai di Delhi akhir 2012 lalu.

Warga India memerlukan lisensi untuk memiki senjata api, namun belum jelas, apakah prosedur yang sama juga diperlukan untuk pistol ringan ini.

"Sekitar 80% dari pesanan yang masuk berasal dari perempuan yang sudah punya lisensi," tutur Abdul Hameed, Manajer Umum IOF, seperti dikutip The Times of India, dan dilansir BBC.

Pemerkosaan berama-ramai dua tahun lalu menimbulkan kemarahan besar di kalangan warga India dan memicu serangkaian protes menuntut pemerintah menjamin keamanan perempuan. Namun, kekerasan seksual terus terjadi di India. (Ein)

Baca juga:

India Berkabung, Pesta Tahun Baru Ditiadakan. Luar Biasa!
Hukum Mati dan Bikin Impoten Geng Pemerkosa di Bus Kota'
Ngomong `Nikmati Saja Perkosaan,` Pejabat Polisi India Dikecam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.