Sukses

[VIDEO] Senyum Koruptor RI Vs Raut Sendu Koruptor China

Seyogyanya tersandung kasus yang merugikan negara ini menimbulkan rasa malu bagi tersangkanya. Tapi tidak selalu demikian.

Satu per satu para elite negara terjerat berbagai kasus korupsi yang seolah tidak ada habisnya. Seyogyanya tersandung kasus yang merugikan negara ini menimbulkan rasa malu bagi tersangkanya. Tapi tidak selalu demikian yang terjadi di negara ini. Seperti apa rupa-rupa raut wajah para tersangka atau terdakwa korupsi ini?

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Sabtu (11/1/2014), bagi Anda yang ingin melihat senyum cerah para tersangka korupsi, tengoklah Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta.

Mungkin karena begitu kronisnya wabah korupsi sangkaan lakukan korupsi atau terima suap bisa jadi bukanlah hal yang memalukan lagi di negeri ini. Lihat saja, raut wajah para elite negeri yang sedang atau pernah jadi tersangka kasus korupsi ini.

Andi Mallarangeng yang memang sering menebar senyum tetap saja tersenyum meski sudah mengenakan baju pesakitan tahanan KPK. Raut yang sama ditunjukkan Mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaq, meski pengadilan tipikor telah membuktikan dirinya menerima suap terkait penambahan kuota daging sapi impor, senyum masih bisa mengembang di pipinya.

Lain lagi yang diperlihatkan Miranda Gultom yang tersangkut kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank
Indonesia. Perempuan yang selalu tampil modis ini memodifikasi pakaian tahanan KPK yang dikenakannya. Ya, ikat pinggang yang dikenakan Miranda saat akan jalani persidangan di Pengadilan Tipikor menjadikan baju pesakitan itu terlihat bak pakaian bergaya Jepang yang modis.

Ekspresi sedikit berbeda ditunjukkan satu-satunya gubernur yang memerintah dari dalam rutan. Ya, raut muka Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah terlihat sangat layu dan tertekan ketika KPK resmi menahannya. Apalagi saat itu, ia tidak mengenakan riasan tebal yang selalu menghiasi wajahnya.

Nah, sekarang bandingkan raut tebar senyum para tersangka atau terdakwa korupsi di dalam negeri dengan yang terjadi di negara lain. Tidak ada senyum sedikitpun di wajah Liu Zhijun. Hanya raut muka sendu terlihat di wajahnya.

Mantan menteri kereta api China yang dijatuhi hukuman mati dengan penangguhan oleh Pengadilan Beijing ini didakwa menerima suap dan penyalahgunaan wewenang hingga menyebabkan kerugian negara cukup besar.

Atau yang satu ini, Gubernur Tokyo Naoki Inose pada Desember 2014. Secara kesatria meminta maaf dan mengundurkan diri dari jabatannya usai mengaku menerima suap. Inose mengaku menerima suap dari sebuah rumah sakit sebelum menjabat Gubernur Tokyo. Ia mengorbankan jabatannya karena tidak ingin mengganggu persiapan Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

Semoga saja kejujuran, sikap ksatria, serta rasa malu dan jera atas perbuatan korup seperti ini dicontoh sejumlah elite negeri ini yang tengah tersandung kasus korupsi. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi