Sukses

Panda Nababan: Megawati Siapkan Jokowi, Ganjar dan Risma

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri diam-diam ternyata sudah menyiapkan beberapa nama kadernya untuk dijadikan Capres 2014 mendatang.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disinyalir telah menyiapkan beberapa kader mudanya untuk maju sebagai Calon Presiden. Setidaknya ada 3 nama yang sedang dikader untuk meramaikan bursa capres.

"Dia (Megawati) mengajukan kader-kader muda. Ada Jokowi, Ganjar Pranowo, dan Risma (Tri Rismaharini)," kata politisi senior PDIP Panda Nababan di sela-sela upacara HUT ke-41 PDIP di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (10/1/2014).

3 Nama kader PDIP itu memang kerap menjadi sorotan publik. Gubernur DKI bernama lengkap Joko Widodo, Ganjar yang menjadi Gubernur Jawa Tengah, dan Walikota Surabaya Risma.

Panda mengatakan saat ini seluruh kader menyerahkan kewenangan penuh kepada Megawati untuk menentukan capres PDIP. Hal ini, sejalan dengan amanat kongres dan rakernas ke-III PDIP.

"Kongres memberikan kehormatan pada Mega untuk memutuskan dan menentukan siapa (capres PDIP)," katanya

Panda menjelaskan, banyak pihak yang menggadang-gadang Megawati maju bersama Jokowi. Bagi Panda, wacana itu dilontarkan oleh pihak yang ingin mengadu domba agar terjadi perpecahan di internal partai.

Apalagi, kata dia, Megawati sudah memastikan diri untuk tidak maju lagi sebagai Capres mendatang. "Jadi wacana mengajukan Mega itu mengadu domba. Tidak ada wacana Bu Mega maju," terangnya.

Panda memastikan secara etika politik, tidak mungkin Megawati menunjuk dirinya sendiri. Kendati hasil berbagai lembaga survei menunjukan elektabilitas Jokowi tertinggi.

Namun dikatakan Panda, itu menjadi wajar bila Jokowi memiliki peluang untuk maju. Pasalnya semua orang memiliki kesempatan yang sama. "Siapa pun punya kesempatan untuk maju (capres)," pungkas dia. (Adm/Ism)

Baca juga:
Panda Nababan: Megawati Tak Akan Nyapres Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.