Sukses

Jawab Sindiran Ahok, DPRD DKI Sahkan APBD Pekan Depan

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2014 sebesar Rp72 triliun akan disahkan pekan depan.

Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan sedang berupaya agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2014 sebesar Rp72 triliun dapat disahkan pada pekan depan. Hal itu merupakan jawaban atas sindiran Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Insya Allah tanggal 15 Januari kita akan sahkan. Dari situ kita bisa tahu anggarannya buat apa saja. Termasuk rencana pengadaan ribuan bus," ujar Ferriah Sofyan saat dihubungi, Kamis (9/1/2014).

Ia mengakui, lambannya pengesahan APBD DKI disebabkan adanya penambahan sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) sehingga perlu dilakukan penyesuaian anggaran.

"Jadi dinamikanya ada, kemarin kita bisa saja ketok palu dengan Rp 67 triliun, enggak tahunya kan nambah lagi dari silpa. Dinamika itu memang terus berjalan dengan memaksimalkan silpa yang ada," jelasnya.

Ferrial pun berharap, setelah APBD 2014 disahkan, Pemprov DKI dapat menggunakan anggaran secara maksimal. Misalnya dengan penggunaan e-katalog untuk mempercepat penyelesaian program.

"Termasuk pembebasan lahan, saya sarankan dilakukan pada awal tahun supaya bisa lebih cepat mengerjakan proyek," ujarnya.

Ferrial tahu, dengan rencana pengesahan anggaran tersebut, berarti telah menjawab sindiran Ahok. Yaitu tak perlu mengesahkan APBD sampai pergantian Presiden usai Pemilu 2014 karena adanya keterlambatan dari dewan. (Mvi/Mut)

Baca juga:
APBD 2014 Belum Disahkan, Ahok: Saya Tantang DPRD DKI
Dewan Lambat Sahkan APBD 2014, Jokowi: Ajak Tarung Aja!
Ahok Sebut Dana Pengadaan 4.000 Bus Disetujui DPRDA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.