Sukses

Brrr... Beberapa Bagian di AS Lebih Dingin dari Mars

Suhunya memecahkan rekor dingin yang pernah terjadi di AS, bahkan disebut-sebut lebih rendah dari pada suhu di permukaan Planet Mars.

Cuaca buruk yang melanda Amerika Serikat semakin ekstrem, hingga menyebabkan terjadinya banyak gangguan di kehidupan sehari-hari warganya. Rasa dingin yang mematikan di banyak kawasan Amerika Serikat dan Kanada mulai menjadi-jadi pada Selasa 7 Januari waktu setempat. Suhunya memecahkan rekor dingin yang pernah terjadi di AS, bahkan disebut-sebut lebih rendah dari pada suhu di permukaan Planet Mars.

Kendaraan robotik atau rover seukuran mobil ke planet merah --Mars Science Laboratory (MSL) atau populer disebut Curiosity-- telah mengirimkan data suhu harian dari turnya di planet itu mulai dari minus 25 sampai minus 31 derajat Celcius (minus 13 dan minus 24 derajat Fahrenheit). Sementara suhu terakhir di beberapa kawasan di AS tercatat minus 35 sampai minus 50.

"Kendati demikian, agar adil, Mars dingin dengan setaranya (planet sejenisnya)," tulis pihak Smithsonian Institute dalam postingan pada sebuah blog bertajuk: The Curiosity rover is driving around in a crater at, roughly, the equivalent latitude of Venezuela, dikutip dari Channel News Asia yang dimuat Liputan6.com, Kamis (9/1/2014).

Tapi sekali lagi, lanjut tulisan dari pihak Smithsonian Institut itu, Mars berada 78 juta mil lebih jauh dari Matahari. Untuk perbandingan lebih duniawi, pusat penelitian Amundsen-Scott South Pole Station di kutub selatan mencatat suhu minus 23 derajat Celsius (minus 9 derajat Fahrenheit) dan faktor angin dingin dari minus 35 derajat Celsius (minus 31 derajat Fahrenheit) pada hari Selasa 6 Januari waktu setempat. Itu berarti, suhu di kawasan AS tetap lebih dingin.

Cuaca dingin ekstrim di Chicago bahkan membuat beruang kutub di Lincoln Park zoo kedinginan. Sebab beruang itu kurang mendapatkan lemak seperti saudaranya di alam liar. Akhirnya, beruang-beruang itu pun dibawa ke dalam ruangan untuk pemanasan.

Di Kentucky, seorang narapidana yang melarikan diri juga memohon agar diizinkan kembali ke dalam penjara sehingga ia bisa menghangatkan diri setelah menghabiskan malam menggigil di sebuah rumah kosong.

Cuaca dingin itu hampir dialami seluruh kawasan di AS termasuk Kanada dan semua negara bagian tropis seperti Hawaii, suhunya di bawah titik beku pada Selasa 6 Januari. Bahkan di tempat yang biasanya cerah dan hangat seperti Florida dan California juga mengalami hal serupa.

Dan yang paling berbahaya, udara dingin di kawasan Midwest seperti kutub dan membawa udara dingin dari Arktik. Kondisi tersebut dapat menyebabkan radang dingin dalam satu menit, dan kematian dalam hitungan jam. Alhasil, sekolah, kegiatan bisnis dan kantor pemerintah ditutup. Pipa-pipa air dan pipa rumah tangga membeku. Pesawat tak bisa mengudara, kereta dihentikan dan jalan serta trotoar dilapisi es.

Kota Embarrass, Minnesota mencatat suhu terendah di Amerika Serikat pada Selasa 6 Januari adalah minus 37 derajat Celcius (minus 35 derajat Fahrenheit). Lalu ada angin dingin, yang terasa ganas jauh lebih dingin ketika hembusan menerpa wajah.

Sedangkan suhu rendah sekitar minus 52 derajat Celcius di Montana, minus 40 sampai 50 derajat Celcius di beberapa bagian Illinois, Indiana, Iowa, Maryland, Michigan, Minnesota, Nebraska, North Dakota, Ohio, Pennsylvania, South Dakota, Virginia, West Virginia dan Wisconsin.

Bahkan suhu dingin itu mampu membekukan secangkir air mendidih yang dilemparkan ke udara. Yang berubah menjadi salju sebelum menyentuh tanah. Suhu semakin dingin bagi orang=orang di wilayah Great Lakes, yang wilayahnya tertimbun badai salju.

Lebih dari 500 orang menghabiskan Senin 5 Januari malam terjebak di kereta yang terdampar akibat rel tertutup salju yang berada antara Detroit dan Chicago. Kereta api komuter juga kehilangan sinyal akibat banyak bagian membeku.

Tak hanya itu, hampir 2.500 penerbangan dibatalkan di Amerika Serikat pada hari Selasa dan 3.400 lainnya tertunda. Total semuanya  pada Kamis lebih dari 18.000.

Toronto Pearson Airport juga terkena imbasnya. Ditutup demi keamanan penumpang dan para stafnya. Dengan pengamanan pasukan polisi guna menenangkan meningkatnya ketegangan antara para pelancong yang terdampar.

Gubernur Illinois pun telah mengumumkan keadaan darurat pada Senin 6 Januari, dan memanggil pasukan untuk membantu penyelamatan para pengendara yang terdampar di jalan.

Malang bagi warga Kanada yang mengeluh kedinginan justru mengalami pemadaman listrik meluas.

Suhu serendah minus 50 derajat Celcius dengan angin dingin, membuat wilayah padang rumput barat membeku. Jalan-jalan di Toronto, Montreal dan ibukota Ottawa dilapisi dengan es berwarna hitam setelah suhu luar biasa hangat membawa hujan turun dan membeku setelahnya.

Menurut prediksi ahli meteorologi, cuaca dingin di beberapa kawasan akan sedikit menghangat pada hari Rabu 8 Januari. Sementara yang lainnya belum cukup beruntung. (Tnt)

Lihat juga:

Cuaca Dingin Ekstrem di AS, Buronan Pilih Balik ke Penjara
Cuaca Dingin Ekstrem, Bandara Kanada Ditutup
[VIDEO] Suhu Dingin AS Ancam Nyawa Pengguna Jalan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini