Sukses

Pintu Air Ancol Belum Beroperasi, Mangga Dua Banjir 60 Cm

Genangan air yang cukup tinggi hingga 80 centimeter juga terdapat di Jalan Kemayoran, Gang Bungur, Jakarta Pusat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan deras akan terus mengguyur Jakarta hingga siang ini. Akibatnya, sejumlah kawasan pun tergenang.

Genangan air yang cukup tinggi hingga 80 centimeter terdapat di Jalan Kemayoran, Gang Bungur, Jakarta Pusat. Selain di Kemayoran, genangan air setinggi 60 cm juga menyambangi wilayah Mangga Dua. Penyebab genangan di kawasan ini kemungkinan karena belum berfungsinya pompa penyedot air di Ancol, Jakut.

"Informasi yang kita dapat, genangan itu diakibatkan karena pompa di pintu air Ancol itu masih belum dapat dioperasikan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Bambang Surya Putra di Jakarta, Rabu (8/1/2014).

Karenanya, Bambang mengimbau warga untuk tetap mewaspadai bahaya banjir dan berkoordinasi dengan jajaran kelurahan. Sebab pihaknya telah memusatkan penanggulangan bencana di setiap kelurahan.

"Jadi sewaktu-waktu warga sudah tak memungkinkan untuk bertahan di rumah, dapat mengungsi ke tempat-tempat yang sudah kita sediakan. Informasi itu lengkap di kelurahan," ujarnya.

Pusat Kendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat, curah hujan cukup tinggi, yaitu 40 mm/jam. Akibatnya, sebanyak 20 titik genangan muncul di seluruh wilayah Jakarta. (Ndy/Ein)

Baca juga:

Jokowi Keliling Jakarta Pusat, Cek Titik Banjir
Kebanjiran, Jalur KRL Kampung Bandan-Rajawali Ditutup

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Hujan

Video Terkini