Sukses

Andi Mallarangeng Mengaku Terima Beres Soal Proyek Hambalang

Mantan Menpora Andi Mallarangeng mengaku tak tahu menahu tentang Proyek Hambalang.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Mallarangeng mengaku tidak tahu menahu tentang proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang yang menggunakan sistem multi-years ke Kementerian Keuangan. Andi lebih memilih terima beres atas proyek tersebut.

"Saya bilang saya sendiri tidak banyak tahu soal multi-years, tetapi yang penting kalau ada ketentuan aturan semacam itu dan itu dapat memenuhi syarat, ya saya bilang silahkan saja bagaimana baiknya," Kata Andi menjadi saksi di PN Tipikor, Jakarta, Selasa (7/1/2014).

Andi yang juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini hadir dalam persidangan Tipikor untuk menjadi saksi atas terdakwa Deddy Kusdinar yang merupakan mantan Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kemenpora.

Lebih lanjut Andi juga memastikan tidak mengetahui proyek multi-years tersebut. Sebab, dia mengaku tidak pernah membubuhkan tanda tangannya atas hal tersebut.

"Saya tidak pernah tahu bagaimana prosesnya karena saya tidak menandatanganinya," ujar Andi. "Saya cuma diberitahukan lisan dari Pak Sesmen bahwa Kementerian PU dan Kementerian Keuangan sudah setuju untuk tahun jamak."

Andi Mallarangeng menerangkan, mengenai urusan teknis menjadi tanggung jawab Sesmenpora. Sementara Menpora berkewenangan terhadap kebijakan semata.

"Kalau hal-hal teknis itu kuasa pengguna anggaran (Sesmenpora), kalau kami (menteri) pada kebijakan, di mana disampaikan kepada saya, dan ketika dipaparkan kepada saya, saya melihat ini sebuah kebijakan yang baik yang sudah dilakukan sejak pendahulu saya," tandas Andi. (Adm/Ans)

Baca juga:
Korupsi Hambalang, Andi Mallarangeng Tutupi Peran Adiknya?
Andi Mallarangeng Tak Tahu Urusan Sertifikat Hambalang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini