Sukses

Pengakuan Gadis 8 Tahun yang Kepergok Pakai Rompi Bom

Seorang gadis cilik ditangkap Kepolisian Afghanistan, dia calon bomber bunuh diri.

Usia gadis cilik itu masih belia, 8 tahun. Namun, ditemukan benda mengerikan yang melekat di tubuh kecilnya: rompi bom bunuh diri berisi bahan peledak.

Gadis tersebut ditangkap dan ditahan polisi Afghanistan sebelum melakukan aksinya. Dalam konferensi pers di Lashkar Gah, ibukota Provinsi Helmand, sang bocah ikut dihadirkan. Ia menceritakan bagaimana kakak lelakinya memaksanya memakai rompi itu. Lalu, sang kakak memerintahkan sang gadis cilik untuk meledakkan dirinya sendiri di sebuah pos pemeriksaan polisi.

"Aku sudah lelah dengan ibu tiriku. Kakakku memintaku memakai rompi hitam ini, pergi ke pos pemeriksaan polisi, dan memencet tombolnya," kata dia, seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (7/1/2014).

Tapi, "Aku melewati sungai dan memutuskan untuk menjatuhkan rompi itu. Kakakku melarikan diri dan polisi menangkapku," kata dia.

Pengakuannya sedikit berbeda dengan pengakuan polisi bahwa ia masih memakai rompi peledak saat ditahan. Sementara, anggota polisi lain mengatakan rompi itu tidak ditemukan.

Juga ada kebingungan soal usia si bocah, ada dua versi, ia berusia 8 dan 10 tahun.

Sementara, saluran berita, Tolo TV mengatakan, gadis cilik yang diduga bernama Spozhmai itu tak bisa mengoperasikan tombol untuk memicu ledakan.

Pihak Kementerian Dalam Negeri mengatakan, kakak gadis tersebut adalah komandan Taliban, yang memaksa adiknya sendiri memakai rompi bom dan berjalan ke arah pos polisi di Distrik Khanashin.

Militan Taliban, yang berperang melawan pemerintah yang didukung Amerika Serikat sejak kekuasaan mereka ditumbangkan akhir 2001 lalu, diduga menggunakan bocah-bocah cilik untuk memasang ranjau atau menjadi pembom bunuh diri.

Belum ada pernyataan dari pihak Taliban soal insiden terbaru ini. Selama ini mereka membantah menggunakan anak-anak untuk melancarkan serangan. (Ein/Yus)

Baca juga:

Ada Suara Misterius dari Eks Menara WTC, Warga New York Merinding
Sebelum Al Qaeda Picu 9/11, Hitler Berniat Hancurkan New York
Ada Penampakan Wajah `Malaikat 9/11` di Puing Tabrakan WTC

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.