Sukses

Berencana Bunuh Pelukis Nabi Muhammad, Wanita AS Dibui 10 Tahun

Colleen LaRose dinyatakan bersalah melakukan teror terhadap kartunis asal Swedia Lars Vilks.

Pengadilan Amerika Serikat menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara untuk Colleen LaRose. Wanita berusia 50 tahun yang menyebut dirinya sebagai 'Jihad Jane' itu dinyatakan bersalah melakukan teror terhadap kartunis asal Swedia Lars Vilks--yang pernah menggambar sosok Nabi Muhammad.

Dalam persidangan, wanita asal Pennsylvania itu mengatakan suatu saat memikirkan soal jihad sejak pagi hingga malam. Dia mengaku mengalami trans atau kerasukan. "Saya tidak akan berjihad lagi," kata LaRose sebagaimana dikutip BBC, Senin (6/1/2013).

Penyidik menyatakan LaRose terlibat konspirasi yang menarget Vilks pada 2011. Memang, Vilks menjadi target pembunuhan kelompok garis keras Irak setelah menggambar sosok Nabi Muhammad. Kelompok garis keras di Irak bahkan mau membayar US$ 100 ribu kepada siapa pun yang berhasil membunuh Vilks.

Selain harus menjalani hukuman selama 10 tahun di dalam penjara, LaRose juga harus menjalani 5 tahun di bawah pengawasan. Hakim Tucker yakin LaRose merencanakan pembunuhan Vilks. "Faktanya, dia berkomunikasi dengan seseorang melalui komputer dan menyusun rencana ini. Ini luar biasa," tutur Tucker dikutip CBC News. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.