Sukses

Ahok: Alasan Pertamina Naikkan Harga Elpiji Enggak Masuk Akal!

Ahok mengherankan Pertamina yang mengaku rugi, padahal untuk menjalankan proyek RFID, sebanyak Rp 800 miliar mampu digelontorkan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai tak masuk akal alasan Pertamina menaikkan harga gas elpiji 12 kilogram. Menurutnya, kerugian yang diakui salah satu perusahaan BUMN itu yang berujung pada kenaikan harga hingga 60 persen elpiji untuk tabung 12 kg, tak sesuai fakta.

"Enggak masuk akal menurutku alasannya (Pertamina)," cetus pria yang karib disapa Ahok di Balaikota, Jakarta, Senin (6/1/2014).

"Ketika dia rugi, gas yang dikorbanin. Kalau kamu rugi kenapa enggak cabut RFID (Radio Frequency Identification)?"

Ahok heran Pertamina yang mengaku rugi. Padahal untuk menjalankan proyek RFID, sebanyak Rp 800 miliar mampu digelontorkan. Seandainya dimanfaatkan, uang ratusan miliar itu bisa saja dipakai untuk membantu kerugian di sektor elpiji.

"Ini mungkin gara-gara RFID. Ngapain ngabisin uang buat RFID? Kalau Pertamina enggak ada duit, tapi pasang ke semua mobil untuk subsidi," ujar mantan Bupati Belitung Timur itu.

"Kan kendaraan pribadi tidak boleh pakai BBM semua. Itu lebih masuk akal. Jadi kadang kebijakan itu memang...," pungkas Ahok menggantung akhir kalimatnya.

RFID merupakan program kebijakan Pertamina untuk membatasi penggunaan BBM bersubsidi alias premium. Alat yang digunakan berupa gelang bersensor yang dipasang di lingkar saluran tanki bahan bakar mobil. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Gas Elpiji

Video Terkini