Sukses

Kecelakaan Pesawat di Colorado, 2 Selebriti AS Jadi Saksi

Kejadian tragis yang menimpa pesawat tersebut juga disaksikan 2 selebriti AS, LeAnn Rimes dan Kevin Nealon.

Sebuah pesawat kecil mengalami celaka saat mencoba mendarat di landasan licin Bandara Aspen, Colorado, Amerika Serikat pada Minggu kemarin. Kopilot dipastikan tewas, sementara 2 lainnya luka-luka.

Saksi mata mendeskripsikan adegan mengerikan, saat pesawat terbalik dan terkurung dalam api. Foto-foto dari lokasi kejadian menggambarkan badan pesawat yang hangus terbalik di landasan.

Pilot pesawat bermesin ganda awalnya melaporkan adanya angin kencang selama upaya pendaratan pertama. Demikian menurut sebuah rekaman transmisi radio pengendali lalu lintas udara yang diperoleh CNN melalui FlightAwar.

"Pendekatan gagal, N115WF. Ekor angin 33 knot," suara pilot terdengar beberapa menit sebelum kecelakaan, demikian dikabarkan CNN, Senin (6/1/2014).

Kopilot yang tewas diidentifikasi sebagai Sergio Carranza Brabata, pria 54 tahun asal Meksiko. Koroner Pitkin County, Dr J Steven Ayers mendata penyebab awal kematian adalah trauma benda tumpul.

Sementara korban luka -- pilot dan seorang kopilot yang saat itu menjadi penumpang -- dilarikan ke rumah sakit dengan luka 'sedang hingga parah' sebagai akibat dari kecelakaan.

Badan Keamanan Transportasi Nasional atau National Transportation Safety Board mengirimkan tim ke lokasi kejadian, untuk menyelidiki sebab musabab kecelakaan. Demikian ujar juru bicaranya, Peter Knudson.

Kejadian tragis yang menimpa pesawat tersebut juga disaksikan 2 selebriti yang kebetulan berada di bandara di kawasan resor ski tersebut.

"Sangat menyedihkan! Kecelakaan pesawat tragis yang baru saja kami saksikan di Bandara Aspen," kata penyanyi, LeAnn Rimes melalui Twitter.

Juga di Twitter, komedian Kevin Nealon menulis: "Kecelakaan pesawat mengerikan terjadi di Bandara Aspen. Meledak dan terkurung api saat mendarat. Kupikir itu pesawat pribadi. Mobil pemadam kebakaran dan ambulans berada di lokasi hanya dalam hitungan menit."

Sejauh ini, belum ada indikasi ada sesuatu yang salah sebelum pendaratan.

Juru bicara Badan Administrasi Penerbangan AS atau Federal Aviation Administration (FAA) Allen Kenitzer mengatakan, pesawat Bombardier Challenger 600 nahas terbang dari Tucson, Arizona. Sementara menurut Flightaware, pesawat itu berasal dari Toluca, Meksiko -- 40 mil dari Mexico City.
 
Bandara Aspen sudah lama dikenal menantang bagi para pilot, terutama saat pendaratan. Salah satu penyebab adalah jajaran pegunungan yang mengelilingi landasan.

Aspal bandara sering diisi pesawat pribadi yang dimiliki atau disewa oleh orang kaya dan terkenal -- yang memiliki vila di kawasan resor pegunungan itu.

Buntut dari insiden tersebut, bandara ditutup. Pesawat lain terpaksa mendarat di jalan tol Bronx. (Ein/Sss)

Baca juga

`Polar Vortex` Bekukan Wilayah Amerika Serikat
[VIDEO] Pesawat Mendarat di Jalanan New York, 3 Penumpang Selamat
Obama Berpose `Iseng`dengan Bocah yang Tertidur di Gedung Putih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.