Sukses

Bila Jadi Capres Demokrat, Hayono Isman: Perkuat Institusi Hukum

Salah satu peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, Hayono Isman memaparkan visi dan misinya bila terpilih menjadi 'Jago' Pilpres 2014.

Salah satu peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, Hayono Isman memaparkan visi dan misinya bila terpilih menjadi 'Jago' yang diusung pada Pilpres 2014. Salah satunya adalah memperkuat badan hukum dan pemerintahan di Indonesia.

"Memperkuat institusi-institusi hukum dan pemerintahan," kata Hayono, di Sekretariat Konvensi Capres Demokrat, Jalan Pati Unus No 75, Jakarta Selatan, Senin (6/1/2014).

Dalam kesempatan ini, Hayono menyatakan visinya adalah, Indonesia maju dan kokoh berlandaskan jiwa gotong royong. Untuk menciptakan Indonesia maju, hukum menjadi salah satu faktor penting.

"Hukum dan kelembagaan menjadi tempat dalam penyelesaian ketegangan, perselisihan, dan konflik. Bukan cara-cara yang memakai kekerasan dan paksaan," beber mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Pria yang juga menjabat sebagai anggota Komisi I DPR itu juga menjelaskan perlunya Indonesia tak hanya maju, tapi juga kokoh. Untuk menjadi negara yang kokoh, harus berpijak pada 4 konsensus nasional, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

"Memiliki pemerintahan yang bersih, efektif, dan efisien dalam sistem demokrasi yang berkualitas," ucapnya.

Hayono menggarisbawahi agar semua Indonesia bisa maju sekaligus kokoh, sumber daya manusianya perlu dikuatkan dalam segi kualitas. Karena itu, ia menawarkan program penguatan mutu pendidikan dan penciptaan sumber daya manusia berkualitas.

"Meningkatkan peringkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi 50 besar dunia. Melanjutkan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang setara dengan negara anggota OECD," tandas Hayono. (Mut/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini