Sukses

Warga Cikeas Komplotan Pencurian Motor Dibekuk

3 pelaku curanmor spesialis sepeda motor diringkus Polresta Bogor. Salah satunya anggota satpam sebuah perumahan di Kota Bogor.

Jajaran Satuan Reskrim Kepolisian Resor Kota Bogor meringkus 3 pelaku pencurian kendaraan bermotor. Salah seorang pelakunya adalah satpam di sebuah perumahan ternama di Kota Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, ketiga pelaku yang berinisial RZ (27), RK (27) dan DS (26) selalu beroperasi di wilayah Kota Bogor. Sasaran aksi mereka adalah sepeda motor matic yang sedang terparkir di pinggir jalan.

Saat menjalankan operasinya, pelaku membagi tugas. RZ bersama RK biasanya berkeliling mengintai motor yang terparkir di pinggir jalan. Setelah menetapkan target, RZ sebagai eksekutor langsung menguasai motor dengan cara merusak kunci motor menggunakan kunci palsu. Selain mengintai korban, RK juga bertugas mengawasi RZ saat sang eksekutor itu menjalankan aksinya.

Sedangkan DS yang juga satpam di sebuah perumahan itu bertugas sebagai penadah. Biasanya, DS menjual motor curian di daerah Cikeas. "Satu sepeda motor dijual Rp 1,5 juta, kalau kondisi motor masih mulus dijual hingga Rp 2 juta," jelas DS di Mapolres Bogor, Jumat (3/1/2013).

Sementara itu, Wakapolres Kota Bogor Kompol M. Santoso mengatakan komplotan pencuri ini sudah melakukan pencurian sebanyak 6 kali. "Dari tangan tersangka kami menyita barang bukti berupa 4 sepeda motor matic dan 2 buah kunci palsu," tuturnya.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP dan Pasal 480 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini