Sukses

[VIDEO] Harga Elpiji 12 Kg Melambung, Gas 3 Kg Menghilang

Harga elpiji tabung ukuran 12 kilogram beranjak naik dan dijual di kisaran Rp 135 ribu-Rp 140 ribu. Di sejumlah daerah, elpiji 3 kg langka.

Harga elpiji tabung ukuran 12 kilogram beranjak naik dan dijual di kisaran Rp 135 ribu hingga Rp 140 ribu. Di sejumlah daerah, elpiji 3 kilogram bahkan menghilang dari pasaran.

Di Jakarta, selain kenaikan harga yang cukup tajam, konsumen juga mengeluhkan keberadaan tabung elpiji 12 kg yang mulai langka di pasaran. Dalam 2 hari terakhir, seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (3/1/2014), harga elpiji ukuran 12 kg naik dari harga Rp 90 ribu menjadi Rp 138 ribu.

Seperti yang terpantau di agen penjualan elpiji di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pemilik agen terpaksa menaikkan harga lantaran harga beli dari Pertamina juga telah mengalami kenaikan.

Pantuan SCTV di salah satu pangkalan tabung gas di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tabung elpiji ukuran 12 kilogram dijual dengan harga Rp 135 ribu hingga Rp 140 ribu. Kenaikan ini menurut pemilik pangkalan terjadi sejak dua hari lalu.

Kenaikan harga tabung elpiji 12 kilogram berimbas kepada pemilik warung makan yang mengeluhkan kenaikan harga bahan bakar gas cair tersebut. Bahkan, sebagian pemilik warung menggunakan kayu sebagai sebagai bahan bakar alternatif.

Di Madiun, Jawa Timur, naiknya harga elpiji 12 kilogram menyebabkan sulitnya mendapatkan elpiji 3 kg. Akibat kosong dan naiknya harga elpiji ukuran 3 kg dan 12 kilogram membuat sejumlah pengusaha katering di kota ini menjerit.

Seperti halnya usaha katering milik Heri Pujiasih di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Sejak naiknya harga elpiji, dia harus memutar otak agar usahanya tetap berjalan.

Kenaikan harga elpiji 12 kilogram ini menuai reaksi masyarakat. Pengamat migas Kurtubi menilai kebijakan Pertamina itu bentuk monopoli penetapan harga yang menyengsarakan rakyat.

Seharusnya, imbuh Kurtubi, pemerintah tidak lepas tangan. Apalagi, kKebutuhan masyarakat akan gas merupakan kebutuhan pokok yang menyangkut hajat hidup orang banyak. (Ans/Mut)

Baca juga:
Elpiji Non-Subsidi Naik, DPR Segera Panggil Pertamina
Elpiji 12 Kg Naik, MPR: Komisi VII Harus Panggil Pertamina
Pedagang Elpiji 12 Kg Bingung Patok Harga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.