Sukses

KPU: TKI Malaysia Sumbang Suara Terbesar Pemilu 2014

"Jadi TKI di Malaysia itu menyumbang pemilih terbesar di dunia untuk Pemilu 2014 mendatang," kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Dari 2 juta pemilih yang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) luar negeri, 1 juta di antaranya merupakan pemilih warga negara Indonesia yang berdomisili di Malaysia.

"Malaysia itu menyumbang pemilih terbesar di dunia. Jadi dari 2 juta itu, 1 jutanya di Malaysia untuk TKI. Jadi malaysia itu kan ada Kuala Lumpur, Johar Baru, Kucing, Tawaw, Serawak, dan lain-lain," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (2/1/2014).

Ferry menerangkan, untuk pemilih di ladang sawit Malaysia akan disediakan drop box. KPU melalui Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) akan membawa dropbox itu ke tempat konsentrasi massa berkumpul, termasuk ke ladang sawit dimana banyak TKI bekerja di sana.

"Jadi dengan catatan, kami sudah mengirimkan terlebih dahulu surat suaranya lewat hantaran. Jadi datang ke sana itu tinggal dimasukkan ke dalam dropbox," terang Ferry.

Masih menurut Ferry, di luar negeri juga disediakan daftar pemilih khusus luar negeri (DPKLN), termasuk TKI yang bekerja di ladang sawit. Hal tersebut disediakan apabila pemilih belum terdaftar dalam DPT Luar Negeri, maka mereka bisa masuk dalam DPKLn.

Apabila tak memiliki identitas paspor misalnya, mereka dapat menggunakan identitas lain. Seperti surat pelaksana paspor atau surat ijin dari perwakilan, surat keterangan yang sah sebagai warga negara Indonesia,

"Itu bisa, sekalipun dia ilegal. Kalau dia punya identitas, tidak ada masalah," pungkas Ferry. (Ali)

Baca juga:

Pemilu 2014, Victoria Park Jadi TPS untuk TKI di Hong Kong
KPU Tetapkan Aturan Pilpres, Basis Data DPT Pileg Jadi DPS
Hindari Bentrok Antar-Partai, KPU Atur Zona Kampanye

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini