Sukses

11 Peserta Konvensi Capres Demokrat Segera Adu Debat

Konvensi Capres Partai Demokrat mulai bergeliat.

Konvensi Capres Partai Demokrat mulai bergeliat. Pada awal tahun 2014, 11 peserta konvensi bakal dipertemukan dalam ajang debat. Melalui debat antar-peserta konvensi capes, masing-masing tokoh diharapkan bisa meningkatkan suaranya.

"Di Januari ada debat. Debat kandidat," kata anggota Komite Konvensi Demokrat Effendi Ghazali di Jakarta, Kamis (2/1/2014).

Sesuai agenda konvensi capres, Partai Demokrat akan menggelar survei untuk melihat elektabilitas kesebelas peserta sebelum debat nanti. Effendi mengusulkan untuk mengadakan penyisihan sebagai 'bumbu' dalam pencarian capres Partai Demokrat.

"Sebaiknya nanti ada penyisihan, pengalaman beberapa bulan ini. Dari 11 peserta konvensi ini, harusnya ada survei pertama, kalau berapa yang ini, tinggal 6, dari survei ke 2 tinggal 3, lalu survei terakhir sisa 1. Supaya ada fokus dan selalu menarik, bagi peserta dan bagi kontenstasi, dan penyisihan," ungkapnya.

Namun, pakar komunikasi politik tersebut menilai, usulan itu bertabrakan dengan aturan main yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sebelumnya disepakati agar tidak ada penyisihan dalam konvensi capres.

"Karena itu akan dirapatkan, tanggal 4 nanti rapatnya," pungkas Effendy.

Kesebelas peserta Konvensi Capres Demokrat, yakni Ketua DPR Marzuki Alie, Anggota Komisi I DPR Hayono Isman, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang.

Selain itu ada pula anggota BPK Ali Maskur Moesa, Mantan KSAD sekaligus ipar Presiden SBY Pramono Edhie Wibowo. Kemudian Ketua DPD Irman Gusman, Dubes RI untuk Amerika Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, dan akademisi Anies Baswedan. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini