Sukses

6 Bom dan Bahan Peledak Ditemukan di `Basecamp` Teroris Ciputat

Keenam bom tersebut terbuat dari dua bahan berbeda, yakni terbuat dari pipa dan besi.

Selain membekuk 6 orang yang diduga terlibat aksi terorisme, kepolisian juga menemukan 6 bom dan beberapa alat peracik serta bahan peledak di lokasi berlangsungnya penggerebekan rumah kontrakan yang diduga sebagai basecamp, di Jalan KH Dewantoro Gang H Hasan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

"Ada juga 6 bom yang saya katakan tadi, 3 bom pipa paralon dan 3 bom besi. Itu keadaan sudah dirangkai dan sudah siap digunakan," ujar Kapala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di lokasi penggerebekan, Rabu (1/1/2013).

"Ada 1 buah bom yang meledak. Bom yang meledak itu adalah yang terbuat dari pipa PVC," sambung Boy.

Kepolisian, lanjut Boy, juga menemukan beberapa bahan kimia dan rangkaian alat elektronik yang diduga untuk merakit bom. "Bahan kimia antara lain, urea, florat, black powder, dan alat solder, berikut beberapa rangkaian elektronik dan 3 buah handphone. Itu sudah diamankan oleh Tim Puslabfor," papar Boy.

Boy menambahkan, hingga kini tim Pusat Laboratorium Forensik Polri masih menyelidiki kandungan bahan kimia yang terdapat dalam bom tersebut. Sehingga belum dapat dipastikan daya ledak bom tersebut. Kendati, ia memastikan jika bom tersebut meledak, dapat menyebabkan kematian orang yang berada di sekitarnya.

"Masih diselidiki, yang jelas kalau meledak dapat menyebabkan kematian orang," ucap Boy.

Tim Puslabfor Polri hingga kini masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Dalam penggerebekan ini, polisi membekuk 6 terduga teroris. Keenamnya tewas setelah dilakukan penggerebekan selama hampir 10 jam. (Rmn/Yus)

Baca juga:
Identitas 6 Terduga Teroris yang Tewas di Ciputat
4 Motor Berlumpur Dievakuasi dari TKP Penggerebekan Teroris
Identifikasi 6 Jasad Terduga Teroris Dilakukan Siang ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini