Sukses

Keluhan Layanan Publik di Ombudsman Naik 97%

Ombudsman Republik Indonesia dalam kurun waktu 2013 telah menerima 4.359 laporan dari masyarakat.

Leembaga Ombudsman dalam kurun waktu 2013 telah menerima 4.359 laporan dari masyarakat yang berkaitan dengan penyelenggaraan pelayanan publik. Angka itu meningkat 97,33 persen dibanding tahun lalu yang hanya menerima 2.209 pengaduan.

"Bertambahnya laporan masyarakat ini sinyal betapa masyarakat sudah peduli dengan haknya dalam menerima pelayanan publik," kata anggota Ombudsman bidang Penyelesaian Laporan, Budi Santoso, dalam laporan akhir tahun di kantornya, Jakarta, Selasa (31/12/2013).

Budi mengatakan, kasus terbanyak yang dilaporkan adalah kategori maladministrasi seperti mengenai penundaan berlarut, penyimpangan prosedur, dan penyalahgunaan wewenang.

Sementara itu, mengenai instansi yang banyak diadukan masyarakat ke lembaganya adalah, Pemerintah Daerah, Kepolisian, dan Instansi Pemerintah atau Kementerian.

Sedangkan ihwal laporan pengaduan masyarakat terkait CPNS, Ombudsman selama tahun 2013 menerima 199 laporan. Angka itu terbilang menurun jika dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 295 laporan.

"Dan yang paling banyak diadukan adalah penyelenggaraan CPNS di tingkat pemerintahan kota atau kabupaten dengan angka 61,8 persen," kata Budi.

Meski banyak mendapat laporan pengaduan, penyelenggaraan CPNS tahun 2013 ini secara umum dianggap lebih baik dari tahun sebelumnya. "Dan penyempurnaan masih harus terus dilakukan di tahun mendatang," demikian Budi. (Riz/Ism)

Baca juga:

Menkumham Tersindir `Wani Piro`

Direkomendasikan Berhenti Tetap, Azlaini: Ombudsman Kebablasan

Ombudsman: 50% Dinas di DKI Tidak Penuhi Standar Pelayanan Publik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini