Sukses

Tabrakan Kereta Minyak Vs Kereta Kargo Picu Kebakaran Hebat di AS

Kepolisian setempat mengimbau semua penduduk Casselton dan dua kota terdekat mengevakuasi diri.

Kecelakaan kereta menimpa 2 kereta, yang satu di antaranya mengangkut minyak mentah Senin 30 Desember 2013 kemarin. Tabrakan memicu kebakaran hebat di North Dakota, Amerika Serikat. Kobaran api dan asap tebal hitam membumbung dari lokasi kejadian.

Seperti dikutip CNN, Selasa (31/12/2013), untung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. "Namun, minyak yang terbakar menimbulkan kondisi yang berbahaya. Kami meminta semua penduduk di area itu untuk berlindung ke lokasi aman dan tetap berada di dalam ruangan," kata Sersan Tara Morris dari Kepolisian Cass County.

Pemadam kebakaran terpaksa membiarkan api terus menyala hingga minyak habis. Diperkirakan, membutuhkan waktu 12 jam sejak kecelakaan terjadi hingga minyak itu habis. Para pemadam belum bisa mendekat ke sumber api.

Insiden terjadi di area 1 mil di sebelah barat Casselton, sebuah kota berpenduduk 2.300 orang. Kepulan asap hitam juga terlihat jelas dari Fargo, yang berjarak 25 mil atau 40 kilometer.

Kepolisian setempat mengimbau semua penduduk Casselton dan dua kota terdekat mengevakuasi diri. Sebab, angin sewaktu-waktu bisa berhembus ke arah yang tak diduga akibat tekanan tinggi cuaca. Pihak Palang Merah disiagakan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Sersan Morris mengatakan, belum dipastikan apa penyebab kecelakaan tersebut. Aparat masih menyelidiki dugaan salah satu kereta yang terlibat kecelakaan tergelincir dari rel. Sekitar 10 gerbong kereta pengangkut minyak mentah dilalap si jago merah. (Ein/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini