Sukses

Wujudkan Pemerintahan Bersih, KPK Undang Semua Capres 2014

"Ya, para Capres itu nantinya akan diundang ke sini (KPK). Kami akan memberikan masukan mengenai kajian yang sedang kami garap," Adnan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mengundang semua calon yang akan maju dalam pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang. Undangan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan KPK terhadap praktik korupsi di sejumlah sektor yang harus menjadi perhatian presiden terpilih kelak.

"Ya, para Capres itu nantinya akan diundang ke sini (KPK). Kami akan memberikan masukan mengenai kajian  yang sedang kami garap," kata Wakil Ketua KPK, Adnan Pandu Praja di kantornya, Jakarta, Senin (30/12/2013).

Ia menuturkan nantinya para calon presiden akan direkomendasikan mengenai 3 hal yang kini menjadi prioritas KPK dalam upaya pemberantasan korupsi. Yaitu, sektor energi, pangan, dan penerimaan negara.

"Berdasarkan kajian dan penelitian KPK, kami akan merekomendasikan kepada kandidat. Misalkan di bidang pertambangan, ada masalah ini, ini, ini. Di bidang pangan ada masalah ini, ini, ini. Ya seperti itu," terang Adnan.

Ia menambahkan untuk memberikan rekomendasi tersebut lembaganya sudah mulai berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dan rencananya akan dilaksanakan sebelum pemaparan visi dan misi calon presiden oleh KPU.

"Ya nanti (capres) bisa menerima bisa tidak menerima. Tergantung dia. Tapi kan kami akan sampaikan, ini loh harapan KPK. Kalau mereka tidak akomodatif terhadap gagasan kami kan berarti tidak mendukung pemberantasan korupsi," tukas Adnan. (Adi)

Baca Juga:

KPK Selamatkan Uang Negara Rp 1,196 Triliun pada 2013
Ini Kata Ketua KPK Soal Koruptor Kelas Kakap di Jawa Timur
KPK Tak Kunjung Panggil Ibas, Suding Hanura: Ada Kekeliruan



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.