Sukses

Jokowi Bakal Seleksi Ketat Calon Direksi PT Transjakarta

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menseleksi secara ketat calon jajaran direksi BUMD PT Transjakarta setelah berubah bentuk kelembagaan.

Unit Pengelola (UP) Transjakarta segera berubah bentuk kelembagaannya menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMD). Sebab, Peraturan Daerah tentang pembentukan PT Transjakarta sudah disahkan DPRD DKI, sehingga pengelolaan Transjakarta nantinya akan dipegang oleh direksi.

Karena itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengaku akan melaksanakan seleksi ketat guna mendapatkan jajaran direksi BUMD PT Transjakarta yang kompeten.

"Direksi nanti di fit and proper test. Semua. Misalnya dari 10 yang lulus 3, baru kita pilih 1 sebagai direktur utama," kata dia di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (30/12/2013).

Ia mengatakan, bahwa pada saatnya nanti, Pemprov DKI langsung melakukan fit and proper test terhadap beberapa kandidat yang dianggap sudah memenuhi syarat.

"Sesuai dengan syarat. Misalnya pengalaman di masalah perhubungan darat. Kalau pensiunan PNS itu di komisaris. Kalau direksi BUMD di manajemen ndak pernah," jelas Jokowi.

Selain itu, mantan Walikota Solo itu menjelaskan, setelah berbentuk badan usaha atau perseroan terbatas (PT), maka tidak dapat dipungkiri Transjakarta akan berorientasi kepada keuntungan. Meski demikian,  pelayanan kepada masyarakat tetap diutamakan.

"Ya kalau namanya PT BUMD itu orientasi harus ke sana (keuntungan). Tapi ini kan milik daerah, sisi layanannya tetap harus nomor 1," tegas Jokowi. (Adm/Mut)

Baca juga:
Jokowi: Januari 2014 Transjakarta Jadi BUMD

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi