Sukses

Tahun Baruan, Bandung Gelar Car Free Night di Dago

Ada pemberlakukan peraturan bebas kendaraan bermotor di Kota Kembang Bandung. Cek rute yang ditutup di sini.

Malam pergantian tahun 2013 ke 2014 nanti, Kota Bandung akan memberlakukan peraturan bebas kendaraan bermotor. Momen tersebut akan digelar di 2 penggalan Jalan Ir Juanda, Dago mulai Selasa 31 Desember 2013 pukul 18.30 WIB hingga Senin 1 Januari 2014 sekitar pukul 06.00 WIB.

"Car Free Night di Dago akan kita gelar di dua titik yaitu di atas Dago, mulai simpang Cikapayang sampai Simpang Dago dan di bawah mulai simpang Diponegoro atau Dukomsel sampai simpang Merdeka-Riau," ucap AKBP Yully Kurniawan selaku Kepala Satlantas Polrestabes di markasnya, Bandung, Senin (30/12/2013).

Sebagai penggantinya, malam tahun baru di jalur sepanjang total 3 kilometer tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai acara yang dikawal ketat anggota kepolisian.

"Untuk itu, kami sedang mematangkan acara Car Free Night dengan hotel dan restoran di sekitar Dago. Kami juga akan sediakan lahan parkir di jalan-jalan kecil sekitar jalur Car Free Night," kata Yully.

Selain acara bebas kendaraan bermotor, Polrestabes juga akan melakukan sejumlah pengalihan dan penutupan arus kendaraan guna mengurangi penumpukan kendaraan di kawasan pusat-pusat keramaian. Penutupan jalur secara situsional akan dilakukan untuk arus kendaraan dari luar Kota Bandung bagian timur, barat, selatan, dan utara.

Yully mencontohkan, pengalihan arus kendaraan dari jalur Pintu Tol Pasteur - Djunjunan - Jembatan Pasupati untuk menghindari kemacetan di kawasan lapangan Gasibu dan Gedung Sate.

"Untuk arus dari Pasupati akan dilarang belok kanan ke Jalan Sentot Alibasyah, Gasibu. Arus akan diluruskan dan baru boleh belok kanan di jalan dekat Pusdai," ucap dia.

Polrestabes, lanjut Yully, tengah berkoordinasi dengan Polres Sumedang, Cimahi, dan Soreang untuk menyekat dan mengurangi arus masuk dari arah timur, barat, utara, dan selatan Kota Bandung.

"Arus dari arah Sumedang akan diputar balik ke arah Sumedang di bundaran Cibiru. Arus dari Lembang atau utara akan diputar balik ke arah Lembang di pertigaan Karangsari-Setiabudi," jelas Yully. (Tnt/Mut)

Baca juga:
Malam Tahun Baru, Jalan Sudirman-Thamrin Ditutup Selama 6 Jam
Transjakarta Beroperasi 24 Jam pada Malam Tahun Baru
Jadwal Penutupan Jalan saat Jakarta Night Festival

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini