Sukses

Alasan Dipo Alam Terima Laporan Dahlan Iskan dari @TrioMacan2000

Pertemuan itu dilakukan untuk membahas kicauan akun twitter anonim itu soal dugaan korupsi yang dilakukan Dahlan Iskan.

Sekretaris Kabinet Dipo Alam memenuhi janjinya mengundang pihak pemilik akun twitter @TrioMacan2000 untuk bertemu di kantor Setkab. Pertemuan itu dilakukan untuk membahas kicauan akun twitter anonim tersebut soal dugaan korupsi yang dilakukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan.

"Kenapa mereka kita layani? Karena sudah banyak kultweet dari @TrioMacan2000 yang menuduh tindak pidana korupsi Pak Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN," kata Dipo di kantornya, Jakarta, Senin (30/12/2013).

Dalam pertemuan itu, pihak pengelola akun @TrioMacan2000 diwakili 4 orang yang tiba sekitar pukul 08.40 WIB. Pertemuan itu pun berlangsung tertutup sesuai permintaan kuasa hukum @TrioMacan2000.

Dipo menjelaskan, pertemuan itu memang khusus menerima laporan secara langsung dan tertulis dugaan korupsi yang dilakukan Dahlan. Sebab, selama ini @TrioMacan2000 hanya berkicau lewat situs jejaring sosial twitter mengenai hal tersebut.

Tentu dengan hanya sebatas kicauan di dunia maya tidak bisa ditindaklanjuti secara hukum. Sebab akun @TrioMacan2000 adalah akun anonim yang 'bergerak' hanya di dunia maya. Sehingga apa yang dilancarkan @TrioMacan2000 dalam setiap twitnya bisa menimbulkan fitnah.

"Kami kan di sini punya Deputi Polhukam. Mereka itu ditugaskan untuk menerima laporan yang macam-macam. Seperti tindak pidana dan perdata. Terkait (dugaan korupsi) BUMN dan lainnya, tetap semua harus ada laporan tertulisnya," jelas Dipo.

"(Dengan pertemuan ini) Kami ingin meluruskan dan memproses laporan mereka terkait tindak pidana korupsi Pak Dahlan Iskan," ucap Dipo. Saat ini, Dahlan Iskan belum berkomentar soal tuduhan itu. Informasi yang diterima, Dahlan saat ini berada di Meulaboh, Aceh, untuk mengikuti serangkaian kegiatan. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.