Sukses

Ini Sebab Tingginya Elektabilitas Jokowi

Gun Gun menyatakan, tokoh manapun yang akan berlaga pada Pilpres 2014 nanti dapat melebihi Jokowi.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi masih dianggap sebagai calon kuat dengan elektabilitas yang kian meningkat. Lalu apa di balik mantan Walikota Solo itu hingga mampu berada 'di atas angin' seperti ini?

Menurut pakar komunikasi Gun Gun Heryanto, tingginya elektabilitas Jokowi hadir karena momentum. Pria bernama lengkap Joko Widodo itu mendapatkan momentum tersebut saat terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Jokowi tokoh kontekstual saat Pilkada DKI Jakarta. Elektabilitas menjulang sendirian," kata Gun Gun saat perilisan hasil survei 'Mencari Lawan Jokowi' yang digelar di Hotel Morrissey, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Minggu (29/12/2013).

"Momentum yang didapat, ketika dia menginspirasi masyarakat Jakarta. Momentumnya, orang mencari tokoh yang berbeda dan mampu menjadi elite sentral," imbuhnya.

Dalam survei ini, ada 12 nama yang terpilih sebagai calon kuat pesaing Jokowi. Gun Gun yakin, kedua belas tokoh itu mampu menyaingi Jokowi jika mendapatkan momentum yang tepat dan dukungan dari masyarakat.

"12 Nama-nama itu harus mendapat dukungan. Didorong ke tengah masyarakat, agar menjadi tokoh kontekstual juga dengan momentum politik," tuturnya.

Gun Gun menyatakan, tokoh manapun yang akan berlaga pada Pilpres 2014 dapat melebihi Jokowi jika mereka mendapatkan panggung besar dan dukungan publik. Dan tentu harus didukung karakteristik kepemimpinan yang baik. (Ndy/Ali)

Baca juga:
Ini 5 Penantang Jokowi yang Diusulkan pada Pilpres 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.