Sukses

Jokowi Mendadak Dipanggil SBY, Ini Tanggapan PDIP

PDIP meyakini pertemuan antara SBY dengan Jokowi di Istana Presiden tak membahas peta politik Ppolpres 2014 mendatang.

Presiden SBY mendadak bertemu Gubernur DKI Joko Widodo alias Jokowi di Kantor Presiden. Pertemuan ini tidak tercantum di jadwal resmi SBY maupun Jokowi. Namun dikabarkan pertemuan tersebut hanya membahas soal banjir dan macet di Ibu kota.

Lalu bagaimana sikap PDIP selaku partai pengusung Jokowi pada Pilkada DKI Jakarta 2012 lalu yang juga notabene partai oposisi pemerintah?

"Pertemuan Presiden dan Gubernur DKI wajar-wajar saja dan setiap saat Presiden bisa memanggil Gubernur DKI dan Gubernur DKI bisa minta waktu ketemu Presiden untuk konsultasi berbagai hal terkait DKI," kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (27/12/2013).

Tjahjo menyakini bahwa pertemuan yang dilakukan antara SBY dengan Jokowi tidak membahas masalah Pilpres 2014 mendatang seperti pertemuan antara SBY dengan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Majelis Syuro PBB Yusril Ihza Mahendra di Istana Presiden beberapa waktu lalu.

"Saya kira pertemuan itu pada posisi Presiden mengundang Gubernur DKI (bukan sebagai ketum partai)," tutur Tjahjo.

Seperti dilansir dari presidenri.go.id, pertemuan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Pertemuan itu juga dihadiri Mensesneg Sudi Silalahi dan Seskab Dipo Alam.

Dari hasil pertemuan, SBY menyampaikan soal persiapan banjir. Sedangkan Jokowi membeberkan soal persiapan Pemilu 2014. Kepada Jokowi, SBY menanyakan banyak hal terkait persoalan di Jakarta, termasuk soal banjir dan macet. "Selalu siap ya," kata SBY.

"Kalau sudah Desember, Jakarta harus siap-siap. Mudah-mudahan tidak ada apa-apa karena banjir besar itu kan 5 tahunan, kemarin banjir tahun 2012. Insya Allah amanlah," kata Presiden SBY di awal pertemuan.

Dalam keterangan pers usai pertemuan, Jokowi menyampaikan bahwa dalam pertemuan tadi Presiden SBY menanyakan banyak persoalan di Jakarta, seperti penanganan banjir, penanganan macet serta keindahan dan kebersihan kota.

"Saya kira hampir semua disampaikan oleh beliau. Sehingga hampir satu jam kita mendapat arahan dari Pak Presiden," ujar Jokowi. (Adm/Mut)

Baca juga:
Pertemuan Mendadak SBY dan Jokowi Selama 1 Jam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.