Sukses

Malam Tahun Baru Jalur Puncak Ditutup, Pedagang Mengeluh

Jalur menuju kawasan Puncak bakal ditutup pada malam Tahun Baru, 31 Desember 2013 mulai pukul 19.00 hingga 1 Januari 2014 pukul 06.00 WIB.

Jalur menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, bakal ditutup pada malam Tahun Baru, 31 Desember 2013 mulai pukul 19.00 WIB hingga 1 Januari 2014 pukul 06.00 WIB. Namun penutupan kawasan ini menuai protes dari warga. Khususnya pedagang yang biasa melintasi jalur sepanjang 22 kilometer itu.

Eri (38) yang juga pedagang sayur mengaku tidak setuju dengan penutupan jalur Puncak. Selain bakal menambah ongkos transportasi, kebijakan itu juga bakal berimbas pada lamanya waktu tempuh. Sedangkan barang dagangannya harus cepat sampai pasar.

"Sehari-hari saya anter sayur dari Cipanas ke Jakarta. Biasanya paling lama juga 3 jam. Sekarang ditutup bisa sampai 5 jam. Yang penginnya sih lancar," ujar Eri kepada Liputan6.com, Jumat (27/12/2013).

Tapi ada juga beberapa masyarakat yang pro terhadap penutupan jalur itu. Seperti yang diungkapkan Ansari (45), warga Jakarta. "Kita sekeluarga berencana berencana berlibur ke puncak jadi untuk penanganan lalu lintas setuju-setuju saja kalau ada penutupan, karena petugas lebih tahu apa yang harus dilakukan," ujar Ansari.

Sementara, Kepala Bagian Operasi Polres Bogor, Kompol Hendra Gunawan mengatakan, pemberlakuan penutupan jalur bertujuan untuk mengurai kemacetan lalu lintas pada malam pergantian tahun.

"Dikhawatirkan banyak pengendara yang melakukan pelambungan-pelambungan untuk itu kita tutup jalur tersebut dari pukul 7 malam sampai pukul 6 pagi," pungkas Hendra. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • puncak