Sukses

Sinta Wahid Ancam Somasi Partai dan Caleg Pemasang Foto Gus Dur

Somasi itu akan diajukan kerana partai politik dan para caleg itu tanpa memasang foto suaminya tanpa izin keluarga.

Sinta Nuriyah Wahid akan melayangkan somasi partai politik atau calon legislator yang memasang atribut atau baliho bergambar suaminya, mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Somasi itu akan diajukan kerana partai politik dan para caleg itu tanpa memasang foto suaminya tanpa izin keluarga.

"Kami akan melakukan somasi kepada partai politik yang menggunakan foto Gus Dur, atau apapun yang berbau Gus Dur," ujar Sinta Nuriyah di sela Pembekalan Caleg Perempuan Partai Nasdem di Hotel JW Marriot di Surabaya, Kamis (26/12/2013).

Sinta menambahkan, ada surat yang ditandatangani pengacara keluarga yang isinya melarang memakai gambar atau apapun yang terkait dengan Gus Dur. Dia mengaku menerima laporan ada banyak baliho atau alat peraga kampanye yang menampilkan foto Gus Dur.

Mayoritas, laporan yang diterimanya terkait gambar dan baliho kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). "Jadi sekali lagi, bagi siapa saja yang menggunakan nama, foto atau apapun yang berbau Gus Dur maka harus disomasi," ujar dia.

Sebelum wafat, tambah dia, Gus Dur juga sempat menuliskan surat wasiat tentang pelarangan pemakaian atribut bergambarnya. "Kalau tidak percaya dan ingin bukti, silakan tanya ke pengacara keluarga Gus Dur," tutur Sinta.

Di Surabaya beredar baliho milik Sekretaris Jenderal DPP PKB Imam Nahrawi yang menyertakan gambar sekaligus nama Gus Dur. Baliho itu menjadi sorotan banyak pihak hingga menjadi korban iseng oknum tak bertanggung jawab.

Pada baliho berukuran sekitar 2x3 meter yang memperkenalkan bahwa Imam Nahrawi maju sebagai calon legislator itu dirusak di bagian sama, yakni pada tulisan "Penerus Perjuangan Gus Dur". Di bagian itu sengaja disobek, sedangkan bagian lain tetap dibiarkan. (Ant/Eks/Ism)

Baca juga:
SBY Dijadwalkan Hadiri Haul Gus Dur
Gusdurian Pasang Spanduk Ucapan Natal
Yenny Wahid: Jokowi Mirip Gus Dur, Rhoma Irama Jauh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini