Sukses

Peringati 9 Tahun Tsunami, Nelayan Aceh Dilarang Melaut

Tidak hanya mencari ikan, segala aktivitas yang berhubungan dengan laut juga diimbau untuk dihentikan.

Memperingati 9 tahun tsunami, pada Kamis 26 Desember besok ratusan nelayan di kawasan Lampulo, Banda Aceh, akan menghentikan aktivitas melaut. Mereka akan melakukan doa bersama untuk mengenang bencana dahsyat tersebut.

"Kita sudah mengeluarkan imbauan untuk tidak melaut dan menghentikan segala aktivitas pada Kamis besok, untuk melakukan doa bersama di mesjid, dan ini sudah banyak kapal yang bersandar," ujar Panglima Laot Lhok Krueng Aceh, Tabrani di Banda Aceh, Rabu (25/12).

Imbaun ini mulai berlaku dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB Kamis besok. "Bagi yang melanggar akan dikenakan saksi tidak boleh melalut selama satu minggu penuh dan ini telah disepakati bersama oleh nelayan", tambah Tabrani.

Tidak hanya mencari ikan, segala aktivitas yang berhubungan dengan laut juga diimbau untuk dihentikan, seperti bongkar muat barang, membuat jaring, maupun memperbaiki kapal. Di kawasan Lampulo terdapat 300-an  kapal nelayan.

"Semua aktivitas lumpuh total, hanya ada doa bersama dan zikir, bila besok pagi setelah jam 7 masih ada aktivitas melaut akan kita beri sanksi, begitu juga apa bila ada nelayan yang pulang setelah jam 7 pagi kita tidak akan izinkan dia masuk muara", tegas Tabrani.

Sementara, Geucik (kepala desa) Lampulo Alta Zaini mengatakan doa bersama yang akan digelar besok akan digelar di beberapa lokasi. "Kita telah tempelkan imbauan di tempat-tempat umum, bagi masyarakat dan nelayan agar menghentikan aktivitasnya besok dan melakukan doa bersama", ujar Geucik Lampulo, Alta Zaini. Sebelum tsunami menerjang kawasan Lampulo ditinggali 6.200 orang, namun setelah tsunami hanya tersisa 1.700 warga. (Eks/Ism)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:
Menengok Kapal Nelayan Saksi Sejarah Tsunami Aceh
[VIDEO] Bocah Korban Tsunami Pangandaran Terancam Buta
Ditemukan, Gua Perekam Riwayat Tsunami Ribuan Tahun di Aceh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini