Sukses

[VIDEO] Hambit Bintih Dilantik di Rutan, Ini Pandangan Warga

Bupati Gunung Mas terpilih Hambit Bintih akan segera dilantik Kementerian Dalam Negeri.

Bupati Gunung Mas terpilih Hambit Bintih akan segera dilantik Kementerian Dalam Negeri. Pelantikan bupati yang tersandung kasus hukum dugaan kasus suap korupsi itu rencananya akan dilangsungkan di Rumah Tahanan (Rutan) Guntur.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (24/12/2013), setelah mendapat persetujuan KPK, Kemendagri melalui Gubernur Kalimantan Tengah akan segera melantik tersangka kasus dugaan suap korupsi Hambit Bintih sebagai bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah. 

Bupati Gunung Mas Hambit Bintih menjadi tersangka KPK atas dugaan suap pada penanganan sengketa pilkada Gunung Mas. Upaya suap itu melibatkan mantan Ketua MK Akil Mochtar yang saat ini juga sudah menjadi tersangka.

Lantas bagaimana pendapat warga Kalimantan Tengah terkait rencana pelantikan Bupati Gunung Mas itu? Beberapa masyarakat menilai, pelantikan tersebut tidak memberikan contoh yang baik.
 
Pada April 2012, pelantikan bupati Mesuji terpilih Khamamik dan wakilnya Ismail Iskhak dilaksanakan di Rumah Tahanan (Rutan) Tulang Bawang, Lampung. Pelantikan terpaksa di rumah tahanan karena pihak Kanwil Kementrian Hukum dan HAM tidak memberikan izin keluar sang wakil bupati terpilih.

Ismail Iskhak menjalani hukuman sejak November 2011, menyusul vonis bersalah Pengadilan Negeri Lampung, terkait kasus korupsi saat ia duduk sebagai anggota DPRD Tulang Bawang.

Sementara itu, pada 9 Januari 2011 Walikota Tomohon juga dilantik sebagai walikota, saat sang walikota sedang berstatus tahanan di Rutan Cipinang. (Mvi/Ein)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini