Sukses

Aparat Siaga 24 Jam Amankan Gereja Katolik Rawamangun

Pengamanan maupun jemaah masih terlihat sepi meski berbagai persiapan fasilitas sudah siap.

Jelang malam Natal, mulai pagi ini beberapa gereja di Jakarta dan berbagai kota lainnya mulai mendapat pengamanan jajaran kepolisian setempat. Seperti terlihat di Gereja Katolik Kudus, Rawamangun, Jakarta Timur. Kendati, pengamanan masih belum diperketat karena ibadah malam Natal baru akan dimulai sore nanti.

"Ada 21 anggota kepolisian, 5 dari Brimob ada di dalam," ujar Kepala Pos Pengamanan Gereja Katolik Kudus Rawamangun Iptu Arif Rahman saat ditemui di Pos Pengamanan Gereja Kudus, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (24/12/13).

Arif menjelaskan, ke-21 personel kepolisian tersebut berjaga selama 24 jam secara bergantian setiap harinya. Mereka akan bertugas selama 10 hari, dari tanggal 23 Desember 2013 sampai 1 Januari 2014. "Hari ini sepuluh orang yang jaga, dari jam 8 pagi sampai jam 8 pagi lagi. Terus sampai tahun baru nanti," ujar polisi yang menjabat Kanit Sabhara Polsek Pulogadung itu.

Menurut Arif, aparat yang berjaga di Gereja Katolik Kudus merupakan aparat gabungan dari Polres Metro Jakarta Timur dan Polsek Metro Pulogadung. Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan akan ada personel bantuan dari Bapinsa Koramil Pulogadung, dan anggota Pramuka dari berbagai sekolah yang ada di sekitar gereja.

"Mungkin nanti sore baru akan bertambah personel keamanannya buat bantu jaga-jaga," pungkas Arif.

Kondisi gereja sendiri sampai saat ini masih sepi dan kemungkinan baru akan ramai sore hari menjelang misa pukul 17.00 WIB hingga malam hari.

Kondisi yang sama juga terlihat di Gereja HKBP Rawamangun, Jakarta Timur, saat ini telah didirikan pos keamanan. Tenda dan sejumlah bangku untuk jemaat juga telah disusun rapi, begitu juga pos keamanan untuk mengamankan gereja kegiatan ibadah yang akan dilaksanakan mulai sore nanti.

"Nanti ada dari Polres dan Polsek dibantu juga sama sekuriti gereja. Biasanya ada bantuan dari Koramil 040 juga," kata Mashadi salah satu sekuriti Gereja HKBP Rawamangun saat ditemui Liputan6.com.

Berhubung kegiatan ibadah akan dimulai pukul 17.00 WIB, hingga kini belum terlihat aparat yang bersiaga di gereja. Namun, menurut Mashadi, beberapa polisi dari Polsek Rawamangun sudah mulai berjaga tidak jauh dari Gereja HKBP, tepatnya di depan Gereja Kudus Rawamangun.

Menanggapi terkait adanya isu teror di Gereja HKBP menjelang perayaan Natal, Mashadi mengatakan, sejauh ini kondisi keamanan terbilang cukup aman. Hingga kini pihaknya juga belum menerima laporan atau mendengar isu terkait keamanan. (Rmn/Ein)

Baca juga:

[VIDEO] Canggih, Pohon Natal Dilengkapi Fitur NFC

Amankan Natal di Gereja Immanuel, 1.000 Polisi `Pasang Badan`
Libur Natal dan Tahun Baru, Tiket Pesawat ke Bali Ludes

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini