Sukses

Amankan Natal di Gereja Immanuel, 1.000 Polisi `Pasang Badan`

Saat ini jemaat mulai ramai berdatangan meski malam Natal akan berlangsung mulai Selasa 24 Desember sore.

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2014, penjagaan di sejumlah titik rawan ancaman terorisme seperti berbagai gereja mulai mendapat pengawalan ketat jajaran kepolisian. Seperti di Gereja Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat, saat ini telah didirikan pos pengamanan dari Polsek Metro Gambir dengan jumlah personel mencapai 1.000 anggota.

Pos ini didirikan sejak Minggu, 22 Desember 2013 kemarin dan akan ditutup usai pergantian tahun pada 2 Januari 2014 mendatang.

"Belum ada pengamanan yang berarti hari ini, karena rangkaian acara Natal baru akan dimulai esok hari," ujar Kasubnit Reskrim Polsek Gambir Aiptu Sadiyono selaku Kepala Posko Pengamanan di Gereja Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (23/12/13).

Hari ini, lanjut Sadiyono, gereja yang berdiri sejak Pemerintahan Kolonial Belanda tersebut hanya dijaga sekitar 10 anggota kepolisian dari Polsek Metro Gambir dan Polres Metro Jakarta Pusat. "Mungkin nanti ada sekitar 500 sampai 1.000 anggota kepolisian yang akan berjaga di sini."

"Tapi dari mananya belum tahu. Besok setelah apel pagi di Monas sekitar jam 10, baru dikasih tahu anggota kepolisian mana yang nanti berjaga di sini," ungkap Sadiyono.

Sadiyono menambahkan, pengamanan di sekitar gereja Immanuel akan dimulai Selasa 24 Desember 2013 besok pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Sedangkan, untuk jumlah anggota kepolisian yang akan berjaga di Gereja Immanuel hingga tahun baru 2014 Sadiyono belum dapat memastikan.

"Nanti lihat kondisi gereja aja. Kalau memang tidak memerlukan penjagaan lagi, biasanya nanti personel kepolisiannya juga ditarik," tandas Sadiyono.

Acara malam Natal akan dimulai Selasa sekitar pukul 17.00 WIB dan berakhir pada tengah malam. Seperti pantauan Liputan6.com, saat ini kondisi gereja mulai ramai dikunjungi para panitia penyusun acara dan jemaat gereja yang bersiap menyambut malam Natal. (Rmn/Riz)

Baca juga:
Beribadah Natal di Gereja, Kapolda: Jangan Bawa Barang Berlebihan
[VIDEO] Libur Natal, Pelabuhan Yos Sudarso Dipadati Pemudik
[VIDEO] Pemesanan Tiket Bus Jelang Natal Meningkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini