Sukses

Survei: JK Paling Tepat Jadi Cawapres Jokowi

JK yang gagal sebagai capres dalam Pemilu 2009 ini juga difavoritkan mendampingi sejumlah capres, kecuali Mega dan Wiranto.

Survei Charta Politika menunjukkan Jusuf Kalla alias JK difavoritkan menjadi calon wakil presiden Jokowi. Sebanyak 18,5 persen responden survei itu memilih JK untuk mendampingi Jokowi yang bernama lengkap Joko Widodo itu dalam Pilpres 2014.

"Saat responden ditanyakan siapa cawapres yang tepat mendampingi Joko Widodo, 18,5 persen responden mengatakan Jusuf Kalla paling tepat mendampingi Jokowi sebagai cawapres," ungkap Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya di Gedung DPR,  Jakarta, Senin (23/12/2013).

Rupanya JK yang gagal sebagai capres dalam Pemilu 2009 ini tak hanya difavoritkan mendampingi Jokowi. JK ternyata difavoritkan untuk mendampingi capres lainnya, seperti Aburizal Bakrie alias ARB dari Golkar maupun Pramono Edhie Wibowo yang saat ini menjadi peserta konvensi Demokrat. Namun persentasi pemilih tidak terlalu besar.

"Sebanyak 14,8 persen responden mengatakan Jusuf Kalla paling tepat mendampingi ARB sebagai cawapres. Sedangkan, 9 persen responden mengatakan Jusuf Kalla paling tepat mendampingi Pramono Edhie Wibowo sebagai cawapres," ujar pengamat politik berkacamata itu.

Namun, tambah dia, JK tidak cocok jika dipasangkan dnegan Ketua Umum Hanura Wiranto maupun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.. "Kecuali untuk Megawati, responden menjawab Joko Widodo yang paling tepat jadi cawapresnya. Sementara Wiranto dengan Harry Tanoesoedibjo," tutur Yunarto.

Survei Charta Politika Indonesia ini dilakukan pada 28 November sampai 6 Desember 2013 melalui wawancara tatap muka. Jumlah sampel survei ini 1.200 responden dengan margin of error 2,83 persen. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pilpres 2014

Video Terkini